Polda Metro Kerahkan 1.019 Personel Pengamanan Piala Dunia U-17 Hari Ini
Lebih dari seribu personel ditugaskan dalam pengamanan gelaran Piala Dunia U-17. (Foto: Rizky Aditya Pramana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengerahkan 1.019 personel dalam pengamanan gelaran Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), hari ini.

Adapun, pertandingan hari ini akan mempertemukan tim nasional Kaledonia Baru melawan Inggris dan Brasil bakal menghadapi Iran.

"Polda Metro Jaya menerjunkan 1.019 personel untuk mengamankan gelaran akbar Piala Dunia U-17 yang berlangsung hari ini," ujar Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto dalam keterangannya, Sabtu, 11 November.

Ribuan personel itu akan disiagakan di zona 3 yang meliputi bagian luar JIS. Mereka ditempatkan di titik tersebut sesuai dengan aturan FIFA.

"Berdasarkan aturan dari FIFA Kita melaksanakan pengamanan FIFA di Zona 3 yaitu diluar Stadion JIS," sebutnya.

Selain itu, ditegaskan juga, para personel yang disiagakan tidak dilengkapi dengan senjata api (senpi). Sebab, mekanisme pengamanan mengedepankan cara yang humanis.

“Kita melaksanakan pengamanan berskala Internasional jadi tolong laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab," kata Marsudianto.

Dalam melancarkan gelaran kegiatan internasional ini, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga bakal menerapkan rekayasa lalu lintas selama berlangsungnya Piala Dunia U-17. Tiga ruas jalanan nantinya akan ditutup sementara.

"Akan dilakukan penutupan terbatas di tiga titik lokasi (ruas jalan)," ujar Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

Ketiga ruas jalan itu antara lain, simpang perlintasan Kereta Api Jalan Sunter Permai Raya-Jalan RE. Martadinata, simpang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya, dan simpang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.

Rekayasa lalu lintas ini mulai diberlakukan pada 11 hingga 24 November. Penutupan terbatas tiga ruas jalan ini akan dimulai pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Namun, dalam skema rekayasa lalu lintas ini ada beberapa kendaraan yang dikecualikan, yakni tamu VIP atau VVIP hingga kendaraan angkutan pemain.

Dengan adanya penutupan ruas jalan ini, disediakan kantong parkir untuk masyarakat yang hendak menyaksikan pertandingan sepakbola dunia tersebut.

"Bagi penonton Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-17 agar memarkirkan kendaraannya di dua fasilitas parkir, yaitu di C3 Kemayoran dan di JIEXPO," kata Syafrin.