Dewas KPK Bakal Klarifikasi Firli Bahuri Soal Pertemuan dengan SYL Pekan Depan
Anggota Dewas KPK Albertina Ho (kedua dari kiri)/DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Firli Bahuri pada Selasa, 14 November.

Pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran etik terkait pertemuan dengan pihak berperkara yakni, eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

"(Klarifikasi Firli) Akan diperiksa Selasa 14 November 2023," ujar anggota Dewas KPK, Albertina Ho saat dikonfirmasi, Jumat, 10 November.

Rencananya, Dewas KPK akan meminta keterangan Firli mengenai dugaan pertemuan dengan pihak berperkara sekitar pukul 10.00 WIB.

Adapun, dalam pemanggilan pertama terkait kasus tersebut, Firli tak memenuhinya. Ia meminta untuk dijadwalkan ulang setelah 8 November 2023.

Dalam proses pembuktian dugaan itu, Dewas KPK sudah meminta keterangan 10 orang. Hanya saja, tak disampaikan secara rinci mengenai pihak yang sudah diperiksa.

“Lebih dari 10 orang (yang sudah diperiksa, red), (ada pihak, red) internal dan eksternal KPK,” kata Anggota Dewan Pengawas KPK Syamsuddin Haris.

Merujuk foto beredar, Firli dan Syahrul bertemu di gelanggang olahraga (gor) bulu tangkis. Belum jelas kapan pertemuan itu.

Firli, masih pada foto yang sama, terlihat menggunakan kaos olahraga berwarna gelap dengan aksen putih dan celana pendek hitam serta sepatu olahraga. Sementara Syahrul tampak menggunakan kemeja dan celana jeans.

Mereka duduk di bangku panjang dan tampak berbincang. Syahrul tampak membelakangi kamera