Ratas dengan Jokowi, Wapres Tunda Kunjungan ke Merauke dan Wamena
Wapres Ma'ruf Amin didampingi Wury Ma'ruf Amin tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan, Kamis (12/10/2023) usai berkunjung ke Papua. (ANTARA/HO-Satwapres)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menunda kunjungannya ke Merauke, Papua Selatan, dan Wamena, Papua Pegunungan, hingga Desember 2023.

"Mungkin kalau pun ada kunjungan ke Papua, Insya Allah mungkin pada bulan Desember," kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Makassar dilansir ANTARA, Kamis, 12 Oktober.

Dia mengatakan keputusan untuk menjadwalkan ulang kunjungan wapres ke Tanah Papua dilatarbelakangi serangkaian agenda penting pemerintah di dalam dan luar negeri yang melibatkan peran wapres.

Agenda tersebut diantaranya undangan rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta hari ini hingga kunjungan ke beberapa daerah lain di Indonesia serta luar negeri pada Oktober dan November 2023.

Namun Masduki memperkirakan masih ada dua lagi agenda kunjungan ke Papua hingga akhir masa periode jabatan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

"Mudah-mudahan nanti di tahun ini masih mungkin di akhir (tahun). Nanti akan kita tentukan lagi," katanya.

Diberitakan sebelumnya agenda kunjungan kerja wapres ke Merauke dan Wamena yang semula dijadwalkan berlangsung hari ini batal terlaksana.

"Bapak Wapres yang rencananya akan melanjutkan kunjungan ke Wamena dan ke Merauke harus ditunda, karena ada rapat terbatas dengan Presiden di Jakarta," katanya.

Kegiatan wapres menuju Merauke dan Wamena untuk berdialog dengan para kepala suku setempat dalam upaya percepatan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan di Tanah Papua.