Kemeja Biru dengan Outer Hitam Bergaris Putih, Ini Tampilan Mentan Yasin Limpo Saat Tiba di Soekarno-Hatta
Mentan Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno-Hatta (DOK VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akhirnya tiba di Indonesia usai namanya disebut-sebut sebagai tersangka oleh Menkopolhukam Mahfud MD. Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 18.41.

Mentan Yasin Limpo kemudian keluar lewat pintu keberangkatan Terminal III lolos dari pantauan jurnalis. Saat tiba, Mentan Limpo mengenakan kemeja berwarna biru dibalut dengan outer hitam bergaris putih. Ia tampak ditemani beberapa orang yang mendorong koper.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Silmy Karim saat dikonfirmasi membenarkan Mentan Yasin Limpo sudah tiba di Indonesia. 

Diketahui, Syahrul Yasin Limpo tiba dengan menggunakan pesawat Singapore Airlines rute SIN-CGK dengan nomor penerbangan SQ964. 

“Sudah mendarat. Sudah pukul 18.41 WIB. Sudah melintas tempat pemeriksaan imigrasi,” kata Silmy dalam pesan singkat, Rabu, 4 Oktober. 

Wakil Menteri Pertanian Havrick Hasnul Qolbi sebelumnya bilang, pihaknya mencari keberadaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Harvick mengaku hingga saat ini belum mengetahui keberadaan Mentan setelah kunjungan kerja di Spanyol.

“Jadi sampai detik ini kita terus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri sampai hari ini," ungkap Harvick.

Harvick mendapat informasi terakhir keberadaan Syahrul Yasin Limpo di Spanyol. Ada beberapa pejabat eselon hingga staf yang ikut kunjungan kerja.

"Kalau dari Spanyol informasi terakhir yang kami terima itu berbarengan dengan pejabat eselon kami, eselon 1 tiga orang, juga ada eselon 2 yang ikut kunker Pak Menteri juga beberapa staf," ujarnya.

Harvick mengatakan beberapa pejabat yang ikut rombongan kunker sudah balik ke Tanah Air. Kepulangan itu tidak berbarengan karena persoalan tiket. Ia juga mengatakan bahwa Mentan tidak akan kabur dari dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

"Kembali ke Tanah Airnya memang masing-masing karena mungkin tiket terbatas akhirnya terpisah, insyaallah tidak akan kabur ya mudah-mudahan kita doakan bisa selesai,” terangnya.

KPK pun memberi respons atas kabar mengenai dugaan SYL hilang kontak di Spanyol. Kabar ini mencuat di tengah kabar penetapan politikus Nasdem itu sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di Kementan oleh KPK.

"Kami ingin tegaskan, seluruh kerja-kerja penyidikan perkara ini kami pastikan terus kami selesaikan," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Selasa kemarin

Ali Fikri belum membeberkan lebih lanjut terkait pengetahuan KPK atas kabar hilang kontaknya SYL tersebut. Dia hanya menekankan, tiap perkembangan dari penanganan kasus ini akan selalu KPK sampaikan ke publik.

"Pada saatnya pasti kami sampaikan perkembangannya secara utuh dan lengkap," ungkap Ali Fikri.