Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri penutupan Discover North Sulawesi yang merupakan pameran promosi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar selama satu bulan di Jakarta. Dengan event menarik ini, Puan berharap Provinsi Sulut yang dikenal dengan sebutan Bumi Kawanua itu bisa semakin maju.

Acara Discover North Sulawesi digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, sejak tanggal 1 September 2023 hingga akhir bulan ini. Kegiatan ini menghadirkan bazzar outdoor dan indoor, festival kuliner, hingga pagelaran seni budaya Sulawesi Utara.

“Saya senang sekali dengan Sulawesi Utara, saking senangnya sampai saya sudah lupa berapa kali saya ke sana karena saking seringnya,” kata Puan dalam penutupan Discover North Sulawesi yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat 29 September.

Penutupan Discover North Sulawesi turut dihadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey beserta jajarannya. Kemudian ada juga sejumlah kepala daerah dan anggota DPRD Sulut, lalu peserta dan pengisi acara pameran termasuk para seniman dan penggiat budaya.

Acara Discover North Sulawesi hari ini pun dihadiri ratusan warga Kawanua (orang Minahasa atau Sulut) yang berada di Jabodetabek. Kegiatan pameran itu digelar dalam rangka HUT ke-59 Provinsi Sulut.

Puan pun berharap, semarak kemeriahan HUT Sulut hingga sampai ke ibu kota dapat semakin memperkenalkan keunggulan yang dimiliki Sulut.

“Saya menyampaikan ucapan selamat kepada Provinsi Sulawesi Utara, beserta seluruh warga Sulut di manapun berada. Saya berharap Sulut menjadi provinsi yang lebih baik, sejahtera dan maju,” ujar Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini.

“Dan saya juga berharap promosi yang dilakukan akan membuat Sulut semakin lebih diketahui masyarakat di luar Sulut, baik di seluruh Indonesia maupun sampai ke dunia internasional,” imbuh Puan.

Pameran tentang Sulut sengaja dilakukan di Jakarta karena Pemprov Sulut ingin mempromosikan potensi wilayahnya kepada masyarakat di luar Sulut. Puan menilai langkah yang dilakukan Pemprov Sulut ini cukup efektif dan perlu diikuti provinsi lain sebagai upaya mempromosikan daerahnya.

“Pak Gubernur menyampaikan ini sebaiknya tidak hanya dilakukan di Sulut, tapi juga di Jakarta. Ini harus diikuti oleh provinsi-provinsi lain karena dengan kegiatan Discover North Sulawesi, masyarakat di luar Provinsi Sulut mengetahui apa saja yang ada di Provinsi Sulut,” jelas mantan Menko PMK itu.

Puan menyebut, ada banyak keunggulan maupun potensi yang dimiliki Sulut. Potensi dan keunggulan itu menjadi daya tarik bagi masyarakat di luar Sulut untuk datang ke provinsi tersebut.

“Sulawesi Utara itu benar-benar hattrick daya tariknya. Pertama, alamnya indah. Kedua, makanannya enak-enak, dan ketiga seni budayanya yang ditunjukkan oleh masyarakat Sulawesi Utara juga terasa indah,” papar Puan.