Kapetakan Jadi Daerah Rawan saat Pilkades Cirebon 2023
Ilustrasi polisi melakukan pengamanan. (Antara)

Bagikan:

JABAR - Polres Cirebon Kota telah memetakan titik rawan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2023 di Cirebon, Jawa Barat.

"Hasil dari analisa kami untuk titik rawan ada di daerah Kapetakan. Namun dengan pengamanan kami maka akan aman," kata Kepala Polres Cirebon Kota, AKBP M Rano Hadiyanto, Senin 25 September, disitat Antara.

Rano mengaku pihaknya mengerahkan 500 personel untuk menjaga kondusifitas dan keamanan dalam pelaksanaan Pilkades 2023 di Cirebon.

"Kami juga merancang skema pengamanan di setiap tahapan, yakni masa kampanye, pencoblosan dan pengumuman pemenang," ujarnya.

Rano menyebutkan, tahapan Pilkades Cirebon saat ini memasuki masa kampanye.

Dalam pelaksanaannya menjamin keamanan dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kata dia, personel Polres Cirebon Kota menerapkan mekanisme pengamanan yang sifatnya preventif dan preemtif, serta sambang atau kunjungan kepada calon-calon kades.

"Mekanisme pengamanan tentunya setiap tahapan ada personel, misalnya rangkaian kampanye dikawal secara baik," imbuhnya.

Lebih jauh, Rano mengatakan saat masa pencoblosan nanti sejumlah personel akan bersiaga, khususnya pada tempat pemungutan suara (TPS).

Ia menilai pengamanan itu sangat penting dilakukan demi keberlangsungan Pilkades 2023 di Cirebon berjalan aman dan damai.

"Selain itu kita senantiasa membuka informasi seluas-luasnya terkait situasi keamanan di wilayah masing-masing sebagai bahan kami untuk pengamanan lanjutan. Saat masa pencoblosan, setiap TPS akan dijaga pengamanannya," tandasnya.