Belum Temukan Solusi Pasti, Pj Walkot Bandung Usulkan Perpanjang Masa Kedaruratan Sampah
Penjabat (Pj.) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono saat memberikan keterangan di Balai Kota, Bandung (22/9/2023). ANTARA/Rubby Jovan (ANTARA/Rubby Jovan)

Bagikan:

JABAR - Penjabat (Pj) Wali Kota (Walkot) Bandung Bambang Tirtoyuliono menyatakan pihaknya akan mengajukan kembali masa perpanjangan kedaruratan sampah di Kota Bandung.

“Kita lakukan rapat dan merumuskan solusi untuk menyikapi itu. Kesimpulannya adalah kita mencoba usulkan untuk memperpanjang masa kedaruratan,” kata Bambang saat ditemui di Balai Kota, Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Bambang mengatakan pada masa perpanjangan kedaruratan sampah nanti, pihaknya akan mencoba merencanakan pengelolaan sampah jangka panjang agar nantinya kejadian penumpukan sampah di berbagai Tempat Pembuangan sementara (TPS) di Kota Bandung tidak terulang kembali.

“Kita ingin memasifkan bukan hanya penanganan jangka pendek, tapi juga bagaimana memformulasikan penanganan jangka menengah dan panjang,” kata dia.

Terkait jangka masa penetapan status perpanjangan kedaruratan sampah, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Ini sedang kita komunikasikan dengan pemprov, karena apapun juga pemprov menjadi penentu apakah boleh diperpanjang atau tidak,” kata Bambang.

Hingga saat ini, kata dia, situasi pengelolaan sampah di Kota Bandung masih belum tertangani secara optimal dan perlu untuk perpanjang masa darurat sampah.

“Tapi Kota Bandung dengan situasi dimana sampah belum bisa tertangani ini, kita wajib mengusulkan untuk diperpanjang,” tandasnya.