BPBD OKU Padamkan Karhutla di Jalan Poros Baturaja-Prabumulih
Satgas Karhutla memadamkan kebakaran lahan di Kabupaten OKU, Sumsel, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Bagikan:

BATURAJA - Personel BPBD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di dekat jalan poros cor beton Batukuning penghubung Kota Baturaja dengan Prabumulih agar tidak menimbulkan kabut asap.

"Berdasarkan laporan masyarakat peristiwa kebakaran lahan ini terjadi sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB," kata Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Gunalfi di Baturaja dilansir ANTARA, Senin, 18 September.

Dugaan sementara peristiwa tersebut disebabkan puntung rokok yang dibuang warga sembarangan di semak belukar yang kering sehingga memicu api karhutla.

Peristiwa karhutla tersebut membakar lahan seluas lima hektare yang lokasinya hanya berjarak beberapa meter dari jalan poros.

Dalam melakukan pemadaman pihaknya menerjunkan puluhan personel satgas untuk memadamkan api agar tidak menimbulkan kabut asap hingga mengganggu pengendara yang melintas di jalur tersebut.

Beruntung api cepat dipadamkan setelah pihaknya menerjunkan satu unit mobil tangki air dari BPBD OKU ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Proses pemadaman pun dipercepat setelah pihaknya dibantu satu unit mobil damkar dan water canon milik Polres OKU yang ikut membantu memadamkan api.

"Setelah petugas di lapangan berjibaku selama sekitar satu jam akhirnya api berhasil dipadamkan," ujarnya.

Meskipun api telah dipadamkan, namun pihaknya tetap menyiagakan personel di lokasi bencana untuk mengantisipasi kemunculan kembali titik api karhutla.

"Masyarakat juga kami ingatkan kembali untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, apalagi di lahan kering yang mudah terbakar saat kemarau," ujarnya.