Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi menanggapi pengakuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memiliki informasi soal arah koalisi partai politik melalui intelijen baik dari Badan Intelejen Negara (BIN) maupun TNI-Polri. 

Menurut Aboe, tanpa Jokowi berkata demikian semua orang juga sudah tahu. Sebab, intelijen sebagai alat negara juga pasti memberikan informasi kepada kepala negara. 

"Di negara Indonesia itu ada presiden, presiden mengangkat kapolri, intelkam, ada BAIS, ada BIN, itu kan diangkat presiden tuh. Terus yang intel, itu emang alat-alat negara yang langsung strukturalnya ke presiden untuk informasi. Sebenernya presiden nggak usah ngomong kayak gitu juga kita udah paham dia tahu isi intel semua. Cuma presiden ini senang kalau menghibur kita," ujar Aboe di NasDem Tower, Senin, 18 September.

"Menghibur kita supaya lebih hati-hati. Seakan-akan ada apa di NasDem, nggak ada, sama aja pengen menang pemilu, intinya itu. Jadi buat kami yang diungkapkan presiden itu hal biasa," sambungnya. 

Anggota Komisi III DPR itu menilai, menerima informasi dari lembaga intelejen memang sudah menjadi salah satu pekerjaan presiden. Nantinya, kata Aboe, presiden berkonsultasi pada pihak-pihak tersebut untuk melindungi negara. 

"Di dalam dia pun enggak bisa menyaring sendiri kan. Dia pelajari, dia dialog dengan hamba-hambanya ya 'Eh BIN, gimana, eh tolong pak Suntana, jamintel, kejaksaan ya ini oke. Tolong bikin rekomendasi buat saya satu malam ini apa yang bisa kita lakukan untuk Indonesia, kan begitu, selesai kan. Jadi oke-oke ajalah nggak ada masalah," jelas Aboe. 

Aboe pun berpikir positif atas pengakuan Jokowi tersebut bukan untuk cawe-cawe dan memantau parpol. Menurutnya, Jokowi tidak mungkin membocorkan hal-hal yang bisa membuat kegaduhan. 

"Kalau saya positif thinking. Presiden Jokowi kan orang baik, dia tidak akan menggunakan untuk apa-apa. Kalau dia menggunakan peta dirinya sendiri its okay aja, namanya juga presiden. Ujung-ujungnya juga keliatan kok, kalau dia menang, menang. Kalau kalah, kalah. Adapun informasi-informasi yang disampaikan kepada kita saya yakin beliau juga tidak mungkin membocorkan hal-hal yang tidak baik, tidak mungkin," kata Aboe.  

"Nggak mungkin, lucu jadinya. Paling nanti ada rekomendasi tindakan contoh, Rempang apa yang dilakukan 'Eh terjadi di sini, ini apa, dan sebagainya'," imbuhnya.