Hingga September 197,42 Hektare Lahan Gambut Terbakar, Tim Gabungan Giatkan Patroli Karhutla
Arsip Foto - Petugas memadamkan kebakaran lahan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (ANTARA/HO-BPBD Palangka Raya)

Bagikan:

PALANGKA RAYA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama instansi pemerintah yang lain di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menggiatkan patroli pemantauan hutan dan lahan di daerah-daerah rawan kebakaran.

"Setiap hari tim gabungan mulai dari BPBD, Damkar, TNI, Polri, dan relawan serta barisan pemadam kebakaran melakukan patroli di kawasan atau lahan rawan terbakar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Emi Abriyani dilansir ANTARA, Jumat, 15 September.

Patroli pemantauan hutan dan lahan mencakup area dengan lahan tidak produktif dan lahan gambut serta daerah rawan kebakaran seperti Kecamatan Jekan Raya, Kecamatan Pahandut, dan Kecamatan Sabangau.

Selain menggiatkan patroli, BPBD menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dan segera melapor ke petugas berwenang jika terjadi kebakaran di lingkungan sekitarnya.

BPBD Kota Palangka Raya mencatat selama periode Januari sampai 10 September 2023 total ada 314 kejadian kebakaran lahan dengan luas keseluruhan lahan gambut yang terbakar 197,42 hektare.