Negara Terbanyak Tujuan Migran Indonesia dan Manfaat Jadi Pekerja di Luar Negeri
Ilustrasi pekerja migran Indonesia (Antara-M N Kanwa)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa Indonesia jadi salah satu negara yang mengirimkan pekerja migran ke negara lain. Lalu di mana negara terbanyak tujuan migran Indonesia?

Secara umum pekerja migran adalah pekerja yang bekerja di negara di luar negara asalnya. Istilah pekerja migran Indonesia (PMI) jadi istilah pengganti untuk tenaga kerja Indonesia (TKI). Hal tersebut diatur dalam UU No.18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Dalam Undang Undang tersebut dikatakan bahwa pekerja migran adalah tiap WNI yang akan, sedang, atau telah melakukan pekerjaan dengan gaji di luar wilayah Indonesia.

Bagi sebagian orang, menjadi pekerja migran ternyata cukup menguntungkan. Hal itu bisa terjadi karena tawaran upah yang diterima pekerja migran relatif lebih besar dibanding dengan upah dengan pekerjaan yang sama di Indonesia. Mereka kemudian memilih menjadi pekerja migran ke beberapa negara.

Negara Terbanyak Tujuan Migran Indonesia

Berdasarkan data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), negara Taiwan jadi negara yang jadi tujuan utama para pekerja migran sepanjang Januari-Juni 2023 yang jumlahnya mencapai 39.178 pekerja. Berikut ini daftar negara terbanyak tujuan migran Indonesia.

  1. Taiwan dengan 39.178 pekerja
  2. Malaysia dengan 38.478 pekerja
  3. Hongkong dengan 33.639 pekerja
  4. Korea Selatan dengan 6.999 pekerja
  5. Jepang dengan 4.927 pekerja
  6. Singapura dengan 2.572 pekerja
  7. Arab Saudi dengan 2.424 pekerja
  8. Turki dengan 1.632 pekerja
  9. Italia dengan 1.535 pekerja
  10. Polandia dengan 807 pekerja

Pekerja migran di luar negeri melakoni berbagai jenis profesi yang dibutuhkan. Beberapa profesi pekerja migran di luar negeri adalah sebagai berikut.

  1. Pembantu Rumah Tangga
  2. Pengasuh
  3. Buruh perkebunan
  4. Produksi operator
  5. Pekerja
  6. Operator
  7. Pekerja konstruksi
  8. Pekerja domestik
  9. Pemungut hasil bumi
  10. Nelayan

Keuntungan Jadi Pekerja Migran

Seperti disinggung sebelumnya, pekerja migran banyak diminati karena keuntungan finansial yang akan didapatkan oleh para pekerja. Selain itu ada beberapa keuntungan lain yang akan didapatkan yakni sebagai berikut.

1. Meningkatkan Taraf Hidup

Perlu diketahui bahwa upah yang diterima oleh para pekerja migran akan berdampak pada peningkatan ekonomi keluarganya yang tinggal di Tanah Air sehingga taraf hidup yang dimiliki pun meningkat.

2. Mendapatkan Modal Usaha

Biasanya para pekerja migran akan mengumpulkan upah yang didapatkan selama ia menjadi pekerja migran kemudian akan digunakan sebagai modal usaha saat pulang ke Indonesia. Modal yang dimiliki pun cukup besar sehingga dapat digunakan untuk membangun bisnis dengan skala yang besar pula.

3. Memperluas Jaringan

Salah satu keuntungan yang juga bisa dimanfaatkan oleh pekerja migran adalah jaringan luar negeri yang ia dapatkan. Jaringan tersebut tidak akan dimiliki oleh pekerja domestik di Tanah Air.

4. Mengasah Keterampilan Baru

Pekerja migran biasanya akan mendapatkan keterampilan baru baik yang ia pelajari dari pelatihan maupun dari tempat ia bekerja. Keterampilan tersebut bisa jadi nilai tambah bagi tiap individu sehingga saat bekerja ia memiliki daya tawar yang tinggi secara ekonomi.

5. Mengasah Kemampuan Berbahasa Asing

Kemampuan ini sangat berguna bagi para pekerja migran di luar negeri. Bahkan, kemampuan komunikasi ini bisa didapatkan secara percuma dengan metode learning by doing.

Itulah informasi terkait negara terbanyak tujuan migran Indonesia. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.