Bagikan:

JAKARTA - Sebuah kapal motor milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta tiba-tiba terhenti di tengah perairan Kepulauan Seribu. Kapal ini membawa puluhan penumpang yang baru selesai liburan dan hendak kembali ke dermaga Muara Angke, Jakarta Utara.

Sekretaris Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Marulitua Sijabat menyebut insiden ini terjadi pada Kamis, 7 September sekitar pukul 14.00 WIB. 

"Yang mengalami kendala itu kapal penumpang yang dioperasikan Dinas Perhubungan, namanya KM Sangaji. (Kapal) itu dari Pulau Tidung ingin menuju Pelabuhan Muara Angke, lalu mengalami trouble di sekitaran Pulau Seribu," kata Marulitua saat dikonfirmasi, Kamis, 7 September.

Marulitua meyebutkan mesin kapal penumpang milik Dishub DKI ini mati di perairan dekat Pulau Bidadari.

Berdasarkan laporan yang diterima, kapal tersebut mogok lantaran kehabisan bahan bakar minyak (BBM). Sempat terombang-ambing selama beberapa waktu, akhirnya tiba kapal milik Dishub lain untuk melakukan evakuasi penumpang.

"Kalau tidak salah ada sekitar ada 24 penumpang yang mendapat kendala tersebut kemudian dipindahkan ke Kapal Motor Indra Kemala," urai Marulitua.

Marulita memastikan tak ada korban dalam insiden ini. Semua penumpang dan awak kapal telah kembali ke daratan. "Enggak ada korban. Informasinya sudah mendarat semua di Muara Angke dengan kondisi selamat," tandasnya.