Profil Kiai Kholil As'ad Tokoh NU, Sosok Dibalik Majunya Cak Imim Dampingi Anies Baswedan
Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Kiai Kholil As’ad (NU)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada sosok Kiai Kholil As’ad dibalik majunya Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapres Anies Baswedan untuk Pemilu 2024. Pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut mengungkapkan bahwa sejak tahun 2021 dirinya diperintahkan oleh Kiai Kholil As’ad untuk mendampingi Anies Baswedan. Publik pun penasaran dengan profil Kiai Kholil As’ad yang menjadi panutan Cak Imin.

Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), resmi menjadi bacawapres Anies Baswedan. Pada acara deklarasi bacapres-bacawapres di Hotel Majapahit, Surabaya, pada Sabtu (2/9), Cak Imin menyinggung nama tokoh NU Kiai Kholil As’ad mengenai keputusannya mendampingi Anies Baswedan.

Di tengah gonjang-ganjing munculnya Cak Imin sebagai pasangan Anies Baswedan, pengakuan Cak Imin diamanati oleh Kiai Kholil As’ad tentunya mengejutkan publik. Lantas seperti apa profil Kiai Kholil As’ad?

Profil Kiai Kholil As’ad

Kiai Kholil As’ad merupakan salah satu tokoh terkenal sebagai seorang Kiai Nahdlatul Ulama (NU). Kiai Kholil As’ad merupakan pendiri dan penguasuh Pondok Pesantren Wali Songo di Situbondo, Jawa Timur. 

Kiai Kholil As’ad adalah anak dari pasangan KH Raden As’ad Syamsul Arifin dengan Nyai Hj Zainab. KH Raden As’ad Syamsul Arifin merupakan salah satu pendiri NU di Situbondo. Kiai Kholil As’ad merupakan ulama besar yang lahir di Mekkah dan disegani oleh para Nahdliyin. 

Kiai Kholil As’ad pernah menempuh pendidikan di Mekkah hingga kemudian pulang ke Indonesia pada tahun 1991. Pada tahun 1992, ia menikah dengan Ning Nur Waqiah Sufyan, putri dari KH Ahmad Sufyan Miftahul Arifin. Dari pernikahan mereka, terlahir 10 anak yang terdiri dari tiga perempuan dan tujuh laki-laki. 

Kiai Kholil As’ad Disegani para Pejabat Tinggi 

Sebagai sosok Kiai NU yang terkenal dan disegani, Kiai Kholil As’ad pernah disowani oleh sejumlah pejabat tinggi tanah air. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pernah beberapa kali bertemu dengan Kiai Kholil As’ad. Pada tahun 2018, Prabowo bertandang ke Banyuwangi meminta restu pada Kiai Kholil As’ad untuk mencalonkan diri di Pilpres 2019. 

Prabowo Subianto juga bertemu dengan Kiai Kholil As’ad lagi pada Mei 2022 saat momen Idul Fitri. Dirinya berkunjung ke Ponpes Walisongo untuk bersilaturahmi dalam momen lebaran. 

Tak hanya Prabowo, Sandiaga Uno juga pernah mengunjungi Kiai Kholil As’ad di Ponpes Walisongo. Pertemuan itu bahkan menjadi perjumpaan kelima Menparekraf Sandiaga Uno dengan Kiai Kholil As’ad.

Anies Baswedan juga pernah menemui Kiai Kholil As’ad di Ponpes Walisongo pada awal Agustus 2023. Kedatangan Anies Baswedan disambut hangat oleh keluarga Kiai Kholil As’ad. Dalam wawancara media, Anies juga mengatakan kalau Kiai Kholil sedang di Jakarta dirinya pasti menyempatkan bertemu.

Perintah Kiai Kholil kepada Cak Imin untuk Mendampingi Anies Baswedan

Saat menyampaikan pidato di Hotel Majapahit Surabaya, Cak Imin menceritakan momen dirinya mendapat amanat dari Kiai Kholil As’ad untuk maju sebagai pasangan Anies Baswedan. 

"Tahun 2021 saya dipanggil saya dipanggil Al Mukarom Romo Kiai Kholil Asad di Situbondo, beliau hadir di sini, beliau adalah putra Kiai Asad Syamsul Arifin pendiri NU. Saya dipanggil," ucap Cak Imin.

"Muhaimin, menurut saya kamu harus pasangan sama Anies Baswedan," tutur Cak Imin mengenang pesan dari Kiai Kholil As’ad.

Cak Imin mengungkapkan bahwa dirinya kaget dan tertegun saat mendengar pesan dari ulama yang ia segani tersebut. Namun Cak Imin merasa bersyukur karena dipercaya untuk mengambil langkah penting demi berkontribusi untuk Indonesia. 

Demikianlah profil Kiai Kholil As’ad sebagai tokoh ulama NU yang disegani oleh banyak orang, termasuk para pejabat tinggi tanah air. Kiai Kholil sudah berpesan kepada Cak Imin sejak dua tahun lalu untuk maju mendampingi Anies Baswedan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.