Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Pendidikan UniSadhuGuna atau Unisadhuguna International College (UIC College) bekerja sama dengan Whatcom Community College hadirkan American Degree Transfer Program (UIC ADTP), yakni sebuah kesempatan bagi para pelajar untuk mendapatkan gelar dari universitas-universitas unggulan di AS dan Kanada.

"Melalui kerja sama dengan Whatcom Community College, program UIC ADTP memberikan peluang transisi mulus dan akses ke pengalaman pendidikan berkualitas tinggi dari Jakarta hingga ke universitas pilihan," kata Presiden Direktur USG Education Adhirama G Tusin dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa, 5 September.

Program ini memungkinkan perjalanan pendidikan dimulai dari Jakarta dengan kelanjutan yang mulus menuju universitas terkemuka di Amerika dan Kanada, untuk menuntaskan tahapan studi sarjana mereka.

UIC College merupakan bagian dari USG Education, pionir dalam dunia pendidikan internasional yang terpadu di Indonesia yang terus berinovasi guna memberikan solusi pilihan Pathway kepada para siswa yang ingin kuliah di luar negeri.

Program UIC ADTP berlokasi di USG Education, Kampus Kelapa Gading. Program ini menawarkan sejumlah keunggulan dengan segudang manfaat bagi para siswa.

1. Pengalaman Belajar Amerika

Pertama, pengalaman Belajar Amerika sejatinya bisa dirasakan oleh para pelajar di UIC ADTP. Mulai dari hari pertama, mereka akan menjadi bagian dari komunitas dunia Whatcom Community College, dan mendapatkan pendidikan tinggi bergengsi di Jakarta.

Dengan kombinasi kuliah tatap muka dan daring, para pelajar akan mendapatkan kuliah dari staf pengajar Whatcom Community College dan UIC College. Kunjungan berkala oleh dosen Whatcom Community College dari kampus Bellingham AS juga menambah pengalaman belajar Amerika di kampus UIC ADTP di Jakarta.

2. Penghematan Waktu dan Biaya

Program UIC ADTP tidak hanya dapat membantu menghemat biaya kuliah, tetapi juga dapat memberikan percepatan kuliah melalui transfer kredit yang dapat ditransfer ke universitas terkemuka di AS dan Kanada.

Dalam waktu dua tahun, para pelajar akan mendapatkan ijazah SMA dan gelar Associate (setara dengan D2) dari negara bagian Washington melalui Whatcom Community College.

3. Bimbingan Perorangan

Di UIC ADTP, setiap pelajar akan bertemu dengan guru pembimbing secara teratur untuk membantu merencanakan studi dan transfer ke universitas di Amerika dan Kanada. Pembimbing akan terus memantau perkembangan siswa untuk memastikan penyelesaian tepat waktu dan penerimaan di universitas pilihan.

4. Kunjungan Universitas

Kunjungan Universitas adalah salah satu daya tarik lainnya. UIC ADTP secara rutin akan mendatangkan perwakilan universitas di kampus, yang mana pelajar dan orang tua dapat bertemu dan berkonsultasi dengan perwakilan universitas AS di Jakarta.

Pertanyaan tentang jurusan, persyaratan masuk, serta peluang beasiswa dapat didiskusikan secara langsung, dan siswa juga akan didampingi oleh guru pembimbing yang akan memberikan panduan lebih lanjut.

5. Sukses dalam Transfer Universitas

Salah satu poin penting adalah keberhasilan transfer ke universitas pilihan. Whatcom Community College memiliki sejarah transfer ke berbagai universitas terkemuka di AS dan Kanada, karena mata kuliah di Whatcom dirancang sesuai dengan persyaratan gelar sarjana universitas-universitas top, memberikan fleksibilitas bagi pelajar untuk berpindah ke universitas pilihan dengan berbagai bidang studi.

6. Terjaminnya Penerimaan di Universitas dan Beasiswa

Kemitraan Whatcom Community College dengan berbagai universitas memudahkan para pelajar dalam transfer dan memperoleh gelar sarjana. Penerimaan ke universitas mitra tidak hanya terjamin, tetapi juga didukung oleh beasiswa bagi pelajar yang memenuhi syarat.

Sementara itu, Direktur International Outreach Whatcom Community College Leo Harten menyebut ada banyak manfaat dari model ini bila dibandingkan dengan belajar selama empat tahun di universitas. Program UIC ADTP menawarkan biaya kuliah yang jauh lebih rendah, kelas yang lebih kecil, dan kelebihan dukungan akademik dan non akademik.

"Bagi siswa yang berencana untuk mendapatkan gelar sarjana, transisi dari community college ke universitas untuk dua tahun terakhir bisa sangat mudah," tuturnya.

Hadirnya program UIC ADTP di Indonesia menjadi jembatan bagi para pelajar di Indonesia dengan berbagai program universitas terbaik di Amerika Serikat dan Kanada. Program ini memberikan pengalaman belajar Amerika bagi siswa UIC ADTP.

"Melalui kombinasi kuliah on-campus dan online yang disampaikan oleh dosen-dosen Whatcom Community College dan UIC College, serta kunjungan berkala dari fakultas kami, para siswa akan mendapatkan pembekalan yang optimal menuju universitas," tambah Leo.

Pada kesempatan sama, UIC ADTP Program Specialist dan USG Education Head of Campus Kelapa Gading Ariyani Mawardi menekankan, bahwa universitas-universitas terkemuka di AS dan Kanada sangat mengakomodasi mahasiswa internasional yang berasal dari program community college.

"Hal ini dikarenakan siswa yang berasal dari community college sebelumnya telah mengikuti program yang sama di Jakarta, baik secara bahasa ataupun akademis," jelas dia.

Oleh karenanya, program UIC ADTP ini menjadi peluang bagi siswa Indonesia untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang sistem pendidikan tinggi di AS dan Kanada.

"Lebih dari sekadar persiapan akademis, mereka tiba di universitas dengan fondasi yang kokoh dan kesiapan yang mumpuni, menjadikan mereka siap menyelesaikan studi mereka," pungkasnya.