Kapolri dan KSAD Sepakat Bangun Sinergitas Baru
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melanjutkan safari kunjungan ke Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat. Listyo bertemu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.

Keduanya sepakat untuk lebih mengeratkan sinergitas TNI-Polri. Salah satu caranya dengan memperbanyak kegiatan bersama.

"Jadi soliditas dan sinergitas tentunya harus kita bangun dengan memperbanyak kegiatan yang bersifat integrasi," ujar Listyo Sigit di Mabes TNI AD, Selasa, 2 Februari.

Listyo Sigit juga menyebut dalam mempererat sinergi TNI-Polti, nantinya bakal ada pertukaran personel di sisi pendidikan. Dengan begitu semua merasakan dan memiliki keterikatan satu sama lain.

"Kita telah membuka ruang integrasi tersebut dengan melakukan pertukaran di dalam kegiatan pendidikan pengembangan, di Seskoad, Sesko TNI kita adalah sama-sama melaksanakan," katanya.

Peningkatan sinergitas ini, untuk sementara bakal dilakukan di level bawah. Artinya personel yang bertugas sebagai pelaksana bakal menjalani kegiatan integrasi.

"Tadi kemudian kita sepakat untuk agar lebih bisa meningkatkan soliditas dan sinergitas di level pelaksana, maka kita juga akan membuka ruang untuk melaksanakan kegiatan integrasi di level pelaksana," kata Listyo Sigit.

Sementara itu, KSAD Jenderal Andika Perkasa menyebut nantinya para perwira polisi akan berlajar di sekolah TNI selama beberapa bulan. Dari situ, satu sama lain saling mendapatkan ilmu tambahan.

"Kami butuh perwira-perwira Polri, belajar di tempat kami dalam kurun waktu 6 bulan ini, dan sebanyak mungkin, sehingga networking atau interaksi itu sudah bisa dibangun," katanya.