Akibat Polusi Udara, Dua Anak Dirawat di RSU Tangsel Terinfeksi ISPA
Kabid Pelayanan RSU Tangerang Selatan, dr Taufik Dipa Sempana (M Jehan/VOI)

Bagikan:

TANGERANG -  Sebanyak dua anak yang terinfeksi penyakit Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Kedua anak itu berumur 6 bulan dan 5 tahun.

Kabid Pelayanan RSU Tangerang Selatan, dr Taufik Dipa Sempana mengatakan ada anak ini tengah dilakukan perawatan di rumah sakitnya.

“Saat ini dalam perawatan kami itu, ada 2 orang. 6 bulan dan 5 tahun,” kata Taufik kepada wartawan, Minggu, 13 Agustus.

Taufik menerangkan ada dua penyebab orang terinfeksi ISPA seperti bakteri, virus hingga polusi udara. Ia mengatakan satu dari pasien diduga karena asap bakar sampah di lingkungannya.

“Kalau penyebab ispa itu karena mikroorganisme seperti virus dan jamur, ada juga karena polisi udara seperti rokok dan asap bakar sampah,” ucapnya.

“Kemudian di tempatnya ada satu yang terinfeksi bukan dari jamur atau virus, jadi kemungkinan dari polusi tadi,” sambungnya.

Oleh sebab itu, ia menyarankan kepada masyarakat untuk mengurangi membakar sampah di lingkungannya. Selanjutnya untuk mencegah terinfeksi ISPA itu, sebaiknya menggunakan masker.

“Himbaunanya adalah untuk temen-temen yang biasa bakar sampah, kurangi untuk keluarga ngerokok jangan di rumah kasihan anak-anak,” tutupnya.