Bagikan:

YOGYAKARTA - Remisi Umum (RU) merupakan program yang dinanti-nantikan oleh para narapidana maupun keluarganya. Kini cek remisi narapidana secara online sudah bisa dilakukan sehingga memudahkan para keluarga napi untuk memantau masa pidana yang bersangkutan. 

Pemberian remisi kepada sejumlah napi sering dilakukan di momen-momen atau hari perayaan penting, seperti saat peringatan Kemerdekaan Indonesia. Di tahun 2023 ini, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM serta rumah tahanan (Rutan) di berbagai daerah di Indonesia mengusulkan sejumlah narapidana untuk mendapat remisi dalam rangka peringatan hari kemerdekaan.

Untuk memudahkan melihat status remisi, Kemenkumham telah menyediakan layanan cek remisi melalui platform digital. Lantas bagaimana cara cek remisi narapidana secara online?

Persyaratan Melihat Remisi Online

Layanan cek remisi online bisa diakses melalui laman resmi Ditjen Pemasyarakatan. Ditjen PAS menghadirkan layanan ini untuk memudahkan keluarga atau kerabat narapidana untuk melihat dan memantau yang diterima oleh napi tanpa harus pergi ke kantor Kemenkumham. 

Jika Anda ingin mengecek remisi online, ada sejumlah persyaratan yang harus Anda siapkan. Pertama Anda harus mendaftar akun terlebih dahulu di dalam website Ditjen PAS. Saat mendaftar akun Anda wajib mempunyai data-data narapidana yang ingin Anda lihat status remisinya. 

Cara Daftar Akun untuk Melihat Remisi Online

Berikut ini langkah-langkah mendaftar akun di website Ditjen PAS untuk bisa melihat remisi online:

  1. Buka website Ditjen PAS melalui https://silonpemasyarakatan.bphn.go.id.
  2. Silakan klik tombol “Daftar” di halaman login.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan memasukkan data lengkap dan valid.
  4. Setelah mengisi formulir, silakan klik tombol ’Daftar’.
  5. Tunggu beberapa saat hingga akun Anda berhasil terdaftar.

Cara Cek Remisi Narapidana secara Online

Berikut langkah-langkah cara cek remisi online lewat situs sdp.ditjenpas”

  1. Buka browser laman sdp.ditjenpas. 
  2. Silakan login dengan akun Anda yang sudah terdaftar, dengan memasukan username dan password.
  3. Di halaman utama, masuk ke halaman dashboard akun remisi online.
  4. Kemudian pilih menu Pemasyarakatan 
  5. Klik opsi sub-menu Remisi. 
  6. Selanjutnya masukkan data narapidana yang ingin dicek remisinya, diteruskan dengan mengklik tombol cari.
  7. Nantinya akan ditampilkan data remisi narapidana.

Manfaat Layanan Remisi Online

Adanya layanan remisi online memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat, khususnya narapidana dan keluarga atau kerabatnya. Berikut ini beberapa keuntungan yang diberikan dari layanan remisi online. 

  • Memudahkan Memantau Status Remisi

Salah satu manfaat yang didapatkan dari penggunaan layanan remisi online adalah memudahkan mengecek dan memantau status remisi narapidana. Narapidana dan keluarga atau kerabatnya bisa memeriksa status remisi napi yang bersangkutan tanpa perlu mendatangi kantor Kemenkumham. Cek remisi bisa dilakukan lewat smartphone atau laptop dari mana saja dan kapan saja. 

  • Meningkatkan Transparansi

Kelebihan lain dari hadirnya layanan remisi online adalah meningkatkan transparansi. Jadi masyarakat bisa mudah mengetahui informasi remisi napi tanpa perlu menunggu dan mengklarifikasi kepada pihak yang berwenang. 

  • Meminimalisir Kesalahan Informasi

Layanan remisi online juga memberi manfaat dari segi meminimalisir kesalahan informasi. Lewat platform digital, kesalahan pemberitahuan informasi dapat diminimalisir karena data yang ditampilkan dari sumber terpercaya dan telah terintegrasi dengan sistem lembaga pemasyarakatan. 

Demikianlah informasi cara cek remisi narapidana secara online yang bisa dilakukan oleh keluarga dan kerabat napi. Adanya layanan remisi online, memudahkan keperluan untuk memantau dan mengetahui status remisi narapidana. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.