Bagikan:

JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri mengingatkan para peneliti tak korupsi. Jangan sampai mereka malah terjerat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena memainkan uang negara yang tidak sedikit.

Hal ini disampaikan Megawati saat berdialog dengan peneliti di acara 'BRIN Mendengar' di Gedung Nayaka Loka, Kebun Raya Candikuning, Tabanan, Bali. Katanya, dana penelitian jangan sampai buat bancakan.

"Hati-hati dengan tiga huruf loh. Karena kalau research nanti uangnya gede. Dari sini hati-hati jangan dimainkan," kata Megawati dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 7 Agustus.

Megawati lantas bertanya kepada 127 periset yang hadir soal tiga huruf yang dimaksud. "Kamu tahu tiga huruf itu apa coba," tanya Megawati dan dijawab serempak, "KPK".

"Sebaiknya ingat, saya pernah presiden. Saya pernah wapres. Saya tahu cara kerjanya dan KPK itu saya yang bikin," tegasnya.

Megawati mengatakan peringatan ini ditujukan agar para peneliti kerja keras. Sebab, mereka punya kewajiban untuk membantu rakyat.

Salah satunya, adalah mengatasi masalah stunting atau gizi buruk. "Ayo, kalian ilmuan-ilmuan, mosok sih enggak mikiri kehidupan rakyat? Jadi kalian sebagai researcher, sekolah jauh-jauh untuk apa," ujar Presiden ke-5 RI itu.

“Ini kan kekurangan zat nutrisi, sayur buat tulang, pertumbuhan tulang. Otaknya itu tidak berkembang, jadi IQ-nya di bawah rata-rata. Saya bilang kalau enggak dibasmi sampai 0 persen. Itu apa bukannya tanggungan negara? Iya, yes. Nah terus kalian researcher enggak malu ada rakyat Indonesia yang tidak bisa disembuhkan karena kekurangan pangan, karena kekurangan nutrisi," pungkas Megawati.