Masih Sangat Jarang, Ini Negara di Asia yang Memiliki Kereta Cepat
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa keberadaan kereta cepat di Asia masih termasuk jarang. Bahkan keberadaan kereta dengan kecepatan tinggi itu bisa dihitung dengan jari. Lalu mana saja negara di Asia yang memiliki kereta cepat?

Negara di Asia yang Memiliki Kereta Cepat

Seperti diketahui, kereta cepat adalah transportasi rel yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibandingkan kereta api tradisional serta menerapkan sistem terintegrasi hingga jalur khusus. Mengingat teknologi yang dilibatkan dalam kereta cepat sangat banyak, tak heran tidak semua negara di Asia memiliki fasilitas tersebut.

Melalui media sosial X Twitter, akun resmi KA Cepat @KeretaCepatID sempat merilis daftar negara di Asia yang memiliki kereta api cepat, salah satunya adalah Indonesia. Adapun daftar negara itu adalah sebagai berikut.

  1. Jepang

Negari Sakura jadi salah satu negara yang punya fasilitas transportasi umum berupa kereta api cepat. Bakhan mereka meluncurkan kereta cepat dengan nama Shinkansen pada 1 Oktober 1964. Kala itu rute kereta tersebut melayani penumpang dari Tokyo ke Osaka dengan kecepatan 320 km/jam dan dengan durasi tempuh kurang lebih 2 jam 25 menit.

  1. Korea Selatan (Korsel)

Pada tahun 2004, Korea Selatan berhasil memulai operasi kereta cepat mereka dengan rute Seoul ke Busan. Kala itu kecepatan kereta api yang mereka bangun mencapai 330 km/jam. Kereta tersebut dinamai dengan Korea Train Express (KTX).

  1. China

Di tahun yang sama dengan Korsel, 2004, China juga mulai mengoperasikan kereta cepat mereka. Bahkan rute yang mereka miliki disebut sebagai lintasan kereta cepat terpanjang di dunia karena mencapai 37.559 km. Adapun kecepatan kereta cepat China pada saat itu mencapai 380 km/jam.

  1. Turki

Perlu diketahui, wilayah Turki berada di dua benua yakni Eropa dan Asia. Negara tersebut juga punya kereta api cepat yang diluncurkan pada 2009 silam. Kala itu Turki melayani kurang lebih 72 juta penumpang dengan rute perjalanan Ankara ke Istanbul.

  1. Arab Saudi

Kondisi geografis Arab Saudi yang didominasi oleh gurun pasir ternyata tak menghalangi pemerintah negara tersebut untuk menghadirkan kereta cepat. Bahkan, kereta api cepat di Arab Saudi bisa beroperasi sebanyak 50 kali per hari dan mengangkut jamaah haji dan umroh. Kereta api cepat Arab Saudi dinamai dengan Haramain Express. Kereta tersebut memiliki kecepatan mencapai 300 km/jam.

  1. Indonesia

Masyarakat Indonesia patut berbangga karena memiliki Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). KCB Indonesia jadi kereta cepat pertama di Asia Tenggara sehingga banyak disorot oleh dunia internasional.

Kecepatan kereta api cepat Indonesia mencapai 350 km per jam sehingga akan memperpendek jarak tempuh antara Jakarta dan Bandung. Rencananya jadwal operasional kereta cepat Jakarta Bandung akan dimulai di bulan Oktober mendatang. Sedangkan saat ini kereta cepat tersebut masih dalam tahap uji coba.

Itulah informasi terkait negara di Asia yang memiliki kereta cepat. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Terkait