Forum Parlemen Se-ASEAN Dimulai Lusa, Puan Maharani: AIPA Punya Peranan Turunkan Tensi Geopolitik di ASEAN
Ketua DPR Puan Maharani /FOTO DOK Instagram pribadi

Bagikan:

JAKARTA - Forum parlemen negara-negara se-Asia Tenggara, ASEAN Interparlementary Assembly (AIPA) ke-44 tahun 2023 akan dimulai pada Sabtu, 5 Agustus hingga Jumat, 11 Agustus 2023.

DPR menjadi tuan rumah sidang umum AIPA 2023 menyusul keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN. Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan sidang umum AIPA memiliki banyak peran strategis, di antaranya untuk turut membantu menurunkan tensi geopolitik di kawasan ASEAN.

“Karena parlemen juga berkontribusi membantu Pemerintah dalam upaya menurunkan geopolitical tension atau ketegangan akibat persaingan di Asia Tenggara,” kata Puan dalam keterangannya, Kamis, 3 Agustus.

Dalam forum ini, DPR mengusung tema ‘Responsive Parliaments for A Stable and Prosperous ASEAN’ atau ‘Parlemen yang Responsif untuk ASEAN yang Stabil dan Sejahtera’ pada AIPA General Assembly ke-44.

Puan menuturkan, tema tersebut menekankan peran penting parlemen dalam mengatasi berbagai tantangan global, dalam menciptakan ASEAN yang stabil dan sejahtera.

“Tentunya stabilitas di kawasan termasuk di dalamnya. Apalagi di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik di Asia Tenggara. AIPA juga berkontribusi menjaga kesatuan ASEAN,” ujar Puan.

Menurut Puan, diperlukan soliditas negara-negara Asia Tenggara dalam menghadapi berbagai persoalan geopolitik. Parlemen bisa berperan dalam menjaga stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Sebab stabilitas dan perdamaian dapat terjadi, salah satunya melalui diplomasi parlemen.

“Stabilitas merupakan prasyarat bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara. Maka Sidang AIPA dapat menjadi ajang bagaimana Parlemen di setiap negara ASEAN berbagi pandangan dalam menentukan arah masa depan demi kelangsungan kesejahteraan masyarakat Asia Tenggara,” ungkap Puan.

"Dengan kepercayaan ini, negara-negara di ASEAN bahkan di berbagai penjuru dunia akan semakin memperhitungkan Indonesia sebagai negara yang potensial dan dapat diandalkan untuk bekerja sama dalam berbagai bidang. Ini menjadi credit point bagi bangsa Indonesia untuk dipercaya di tingkat global,” lanjutnya.

Diketahui, delegasi Parlemen dari berbagai negara di Asia Tenggara diketahui akan mulai tiba di Indonesia Jumat, 4 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB. Delegasi tersebut berasal dari Brunnei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Sebagai Presiden AIPA 2023 dan pemimpin Sidang Umum AIPA ke-44, Puan akan mengadakan berbagai pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen negara sahabat. Pertemuan bilateral digelar di sela-sela sidang AIPA.

Puan pun dijadwalkan akan bertemu Ketua Parlemen Vietnam Vuong Dinh Hue esok hari, Jumat 4 Agustus 2023. Pertemuan bilateral itu akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Puan dan Vuong Dinh Hue akan melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) antara Parlemen Indonesia-Vietnam.