5 Fakta Kampung Sultan di Garut, Kampung Miliarder yang Dihuni oleh Pengusaha Tas
Penampakan salah satu rumah warga kampung sultan (Foto: Istimewa)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kampung sultan di Garut, Jawa Barat tengah menjadi perbincangan. Di kampung tersebut, banyak didirikan rumah mewah dan megah.

Keberadaan Kampung Sultan di Garut diungkap oleh seorang YouTuber bernama Teh Mayang. Ia mengunggah video yang memperlihatkan sebuah kampung dengan rumah mewah dan megah, bagaikan rumah para sultan.

Kampung Sultan ini berada di Kampung Pangauban, Desa Jangkurang, Krcamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dikatakan Teh Mayang, Kampung tersebut cukup terpencil karena berada di lereng gunung. Meskipun begitu, di dalamnya terdapat banyak bangunan yang memiliki desain klasik dan terlihat megah.

Nah, bagi pembaca VOI yang penasaran, kami telah merampung berbagai fakta menarik tentang kampung sultan di Garut. Baca terus sampai habis, ya!

Fakta Kampung Sultan di Garut

  1. Sebagian besar warga bekerja sebagai pengusaha tas

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Teh Mayang, hampir seluruh penduduk di kampung tersebut bekerja sengai pengusaha tas. Tas yang diproduksi di kampung tersebut bahkan sudah menembus pasar ekspor.

“Di sini (penduduk kampung Pangauban) itu para pengusaha sukses dari para konveksi tas. Tasnya juga ‘gila banget’. Ini udah di ekspor ke luar negeri, selain ke luar pulau,” ucap Teh Mayang.

  1. Banyak bangunan mewah

Menurut Teh Mayang, Kampung Pangauban adalah kampung yang ‘lain daripada yang lain’. Pasalnya, di dalam kampung tersebut banyak bangunan rumah megah yang tersusun rapi, kendati berada di pinggir gang yang sempit.

Teh Mayang menambahkan, setidaknya ada 30 unit rumah mewah yang kebanyakan dibangun 2 hingga 3 lantai.

Tak cukup sampai disitu, sebagian besar rumah di kampung Pangauban juga memiliki desain klasik yang terlihat megah. Selain itu, juga terdapat mobil-mobil yang terparkir di dalam rumah tersebut.

  1. Tak Ada warga yang leha-leha

Teh Mayang mengatakan, warga Kampung Sultan di Garut tak ada yang bermalas-malasan, semuanya giat dalam bekerja.

"Salut, warganya nggak ada yang leha-leha," kata Teh Mayang.

  1. Tak ada warga yang miskin

Teh Mayang menyampaikan, gaya hidup warga Kampung Pangauban tak bisa dipandang remah. Bahkan Teh Mayang menyebut jika di sana sulit menemukan orang dengan kebutuhan ekonomi menengah ke bawah.

"Jadi di sini tuh susah banget cari orang miskin karena semua rumahnya tuh pada Masya Allah pada megah dan super mewah," tuturnya.

  1. Harga rumah bernilai fantastis

Rumah-rumah yang ada di kampung sultan atau kampung Pangauban ditaksir memiliki harga yang tinggi.

"Harga rumah-rumah ini terpantau sangat bernilai tinggi, dan pastinya mahal, hingga dihargai milyaran rupiah," tulis pemilik channel YouTube Catatan Media di kolom deskripsi video, dikutip VOI.

Kampung Pangauban layak disebut sebagai Kampung Miliarder karena banyaknya rumah mewah dan megah yang berdiri di sana.

Demikian informasi tentang Kampung Sultan di Garut. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.