Pemkab Bogor Anggarkan Rp1,9 Miliar Ganti Rumput Stadion Pakansari
Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA/M Fikri Setiawan

Bagikan:

BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menyiapkan anggaran Rp1,9 miliar untuk mengganti rumput Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Kepala Dispora Kabupaten Bogor Asnan menjelaskan pekerjaan penggantian rumput itu juga mencakup perbaikan sistem drainase stadion.

Dia menerangkan, sejak beroperasi pada 2016, rumput Stadion Pakansari belum pernah diganti sama sekali. Sehingga, saat ini kondisinya memprihatinkan, terlebih saat hujan kerap terjadi banjir.

Namun, stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu, masih digunakan sebagai home base bagi tim sepak bola Persikabo 1973 dalam mengarungi Liga 1.

Asnan mengatakan, saat ini paket kegiatan penggantian rumput masih dalam tahap lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Bogor.

“Saat ini, masih proses lelang. Mungkin akhir Agustus bisa mulai dikerjakan penggantian rumput dan perbaikan drainase,” kata Asnan.

Rumput baru yang akan digunakan, kata dia, berjenis Zoysia japonica atau lebih dikenal dengan rumput Jepang. Rumput jenis ini, menurut dia memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding Zoysia matrella yang digunakan sebelumnya.

Zoysia japonica banyak digunakan untuk lapangan golf. Rumput jenis ini memiliki tingkat pemulihan lebih cepat, meski memiliki tekstur lebih kasar dibanding Zoysia matrella.

“Zoysia japonica bisa tumbuh lebih cepat dan lebih tahan banting dengan iklim Indonesia dan penggunaan Stadion Pakansari dengan intensitas sangat tinggi,” kata Asnan.