Wapres Harap Pemimpin Hasil Pemilu 2024 Junjung Otonomi Daerah dan Desentralisasi
Wapres Ma’ruf Amin memberikan sambutan pada acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional X Apkasi di Tangerang, Kamis (20/7/2023). (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap pemimpin terpilih pada Pemilu serentak 2024 berkomitmen mendorong kemajuan otonomi daerah.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sambutan dan arahannya pada acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional X Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Tangerang, Banten, Kamis 20 Juli.

“Saya mengharapkan pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang mampu menjaga komitmen dalam mendorong kemajuan otonomi daerah,” kata Wapres.

Dia mengatakan, otonomi daerah dan desentralisasi adalah pilihan terbaik bagi negara dalam mengelola pemerintahan demi mendekatkan pelayanan publik, mendorong pembangunan daerah dan menghidupkan demokrasi lokal yang berkualitas.

Dia berharap otonomi akan memacu pemimpin daerah untuk mengakselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kemakmuran dan mengurangi ketimpangan.

“Dengan demikian desentralisasi dan demokrasi lokal ditunaikan dengan penuh tanggung jawab agar semakin bermakna bagi publik,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Wapres juga mengingatkan bahwa setiap tahapan menjelang pemilu dan Pilkada 2024 tidak kalah penting dibandingkan dengan hari pencoblosan.

Oleh karena itu, Wapres meminta para pemimpin kabupaten bersama perangkatnya sigap dalam menjaga stabilitas dan keamanan, menjelang dan hingga pelaksanaan pemilu dan pilkada.

“Tingkatkan koordinasi dan antisipasi potensi kerawanan yang mungkin muncul agar pemilu dan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar, sehingga menjadi proses lahirnya pemimpin-pemimpin transformatif, pemimpin yang akan mengelola penyusunan kebijakan negara dan daerah agar mendatangkan maslahat bagi rakyat,” pungkasnya.