Menerka Isi Pertemuan 1 Jam Jokowi Surya Paloh
Ilustrasi Ketum NasDem Surya Paloh dan Presiden Jokowi (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh pada hari Senin, 17 Juli, sore. Hal tersebut kemudian memancing pertanyaan, apa isi pertemuan 1 jam Jokowi Surya Paloh?

Isi Pertemuan 1 Jam Jokowi Surya Paloh

Seperti diketahui, pertemuan antara Ketum NasDem Surya Paloh dan Presiden Jokowi berlangsung kurang lebih satu jam di Istana Negara, Jakarta Pusat. Pertemuan tersebut digelar tak lama setelah Presiden melantik Menkominfo yang baru menggantikan politikus Johnny G Plate yang berasal dari partai NasDem.

Sekjen NasDem Hermawi Taslim juga membenarkan adanya pertemuan tersebut. Sayangnya ia tak menjelaskan secara detil isi pertemuan antara Presiden dan Surya Paloh.

"Benar (Paloh bertemu Jokowi)," jelas Hermawi Taslim ke wartawan.

Namun, Hermawi mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut tidak ada obrolan yang bersinggungan dengan politik, sebatas silaturahmi.

Sebelumnya, politikus Partai NasDem Saan Mustopa memang berharap agar ada pertemuan antara Ketum Surya Paloh dan Presiden Jokowi.

"Kami berharap mudah-mudahan komunikasi Pak Surya dengan Pak Jokowi bisa cepat terealisasi," kata Saan Mustopa saat berada di kompleks Parlemen, Senayan, Selasa 16 Mei.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh politisi yang juga menjadi Ketua DPW NasDem Jawa Barat sebagai tanggapan atas pertanyaan wartawan tentang hubungan politik NasDem dan Presiden. Ia juga mengatakan bahwa Surya Paloh dan Jokowi saling memberikan dukungan kurang lebih 10 tahun. Bahkan ia mengklaim bahwa NasDem jadi partai pertama yang memberi dukungan dalam dua kali kepemimpinan Jokowi.

Hubungan Surya Paloh dan Presiden Jokowi

Hubungan antara Surya Paloh dan Presiden Jokowi memang diisukan merenggang. Bahkan, Surya Paloh membenarkan bahwa hubungannya dengan Presiden sedang tidak baik-baik saja. Pernyataan tersebut disampaikan setelah ia tak diundang oleh Presiden Jokowi dalam acara pertemuan para ketua umum di Istana Kepresidenan Jakarta pada 2 Mei 2023.

Selain itu Presiden juga baru saja melantik Budi Arie Setiadi menjadi Menkominfo pada Senin, 17 Juli, pagi. Arie Setiadi menggantikan Johnny G Plate, eks Sekjen NasDem yang tersandung kasus dugaan korupsi proyek BTS. Dengan digantinya Johnny G Plate dari kursi menteri, saat ini hanya ada dua politisi NasDem yang masuk dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin yakni Siti Nurbaya yang menjabat sebagai Menteri LHK dan Syahrul Yasin Limpo atau SYL yang menjabat sebagai Menteri Pertanian.

Selain mempertanyakan isi pertemuan 1 jam Jokowi Surya Paloh, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainya.