Antisipasi Sebaran Antraks, Pemkab Klaten Siapkan 5.000 Dosis Vaksin
Ilustrasi vaksin (ANTARA)

Bagikan:

KLATEN - Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, akan menyalurkan sebanyak 5.000 dosis vaksin antraks ke sejumlah daerah khususnya yang berisiko tinggi.

"Kami mulai di daerah yang berisiko tinggi, yang berbatasan dengan Gunungkidul. Sebelumnya, hari Jumat akan kami lakukan sosialisasi, komunikasi, informasi, dan edukasi terkait antraks dan pengendaliannya," katanya dikutip ANTARA, Kamis 13 Juli.

Terkait hal itu, pihaknya akan mengundang camat, kelompok peternak, dan penjual hewan ternak dari daerah yang berisiko tinggi. Beberapa daerah tersebut, di antaranya Cawas, Karangdowo, Wedi, Gantiwarno, dan Bayat.

"Itu kan yang berbatasan dengan Gunungkidul. Vaksinasi harus mulai dari daerah berisiko tinggi dulu, baru kemudian meluas. Yang jelas adalah sapi milik petani peternak," katanya.

Ia mengatakan syarat untuk bisa menerima vaksinasi yakni hewan ternak harus dalam kondisi sehat.

"Bisa sapi, kambing, kuda. Baru kemudian kami lakukan vaksinasi. Untuk antraks ini kami vaksinasi dua kali. Pertama bulan Juli, enam bulan kemudian dilakukan vaksinasi ulang," katanya.

Ia mengatakan setelah dilakukan pendataan ada sebanyak 1.315 hewan yang ada di daerah berisiko tinggi.

"Sambil kami melacak kira-kira (keberadaan, Red.) ternak kecil dan daerah berikutnya. Jadi kami yang berisiko tinggi dulu," katanya.

Ia mengatakan sejauh ini belum ada temuan kasus antraks di Kabupaten Klaten.

"Semoga tidak ada karena itu risikonya selain nilai ekonomi ternak sangat jatuh, kan sifatnya zoonosis. Spora berkembang di tubuh ternak dan itu bisa menular ke manusia. Antraks kalau kena kulit luka bisa kena antraks pada kulit. Kalau spora terhirup bisa menyebabkan antraks di saluran pernapasan. Kalau masuk dalam tubuh, terkontaminasi pada makanan bisa terjadi antraks pada pencernaan kita," katanya.

Melihat berbahayanya risiko yang ditimbulkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi. "Kami memberikan gambaran, motivasi, ke masyarakat agar bisa diperluas ke yang lain. Jangan menyepelekan, harus waspada dan hati-hati," katanya.