Rekam Jejak dan Kekayaan Hasan Fawzi, Anggota DK OJK yang Baru
Hasan Fawzi (entrepreneur.uai.ac.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Hasan Fawzi tengah jadi sorotan lantaran ia menjadi anggota Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang baru. Ia menjadi DK OJK setelah menjalani fit and proper test. Lalu, bagaimana rekam jejak dan kekayaan Hasan Fawzi?

Rekam Jejak dan Kekayaan Hasan Fawzi

Hasan Fawzi adalah pria kelahiran Purwakarta, Jawa Barat. Pendidikannya ditempuh di ITB pada tahun 1993 dengan gelar Sarjana Teknik. Hasan Fawzi juga meraih  Master of Business Administration (MBA) di Universitas LIAE de Grenoble, Universite Pierre Mendes, France. Tak sampai situ, ia juga berhasil mendapatkan gelar Magister Manajemen di Fakultas Ekonomi pada 2009 di Universitas Indonesia (UI).

Dikutip dari situs resmi OJK, karier Hasan Fawzi dimulai di PT Kliring Depositori Efek Indonesia. Jabatan terakhirnya di perusahaan tersebut adalah Kepala Departemen Pengembangan Sistem. Setelah itu ia bergabung ke KPEI dengan jabatan terakhir menjadi Kepala Divisi Teknologi Informasi periode 1997-2008.

Hasan juga sempat dipercaya menjadi Direktur PHEI (Perusahaan Kliring Penjaminan Efek Indonesia) periode 2008 sampai 2012. Selain itu ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama KPEI dua periode yakni 2012-2015 dan 2015-2018. Setelah itu, Hasan berpindah ke BEI dengan jabatan sebagai Direktur Pengembangan BEI. Jabatan tersebut didapat lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada 29 Juni 2018.

Terbaru, Hasan Fawzi menjadi Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto sekaligus menjadi anggota DK OJK periode 2023-2028. Melalui jabatannya, salah satu tugasnya adalah mengawasi perdagangan aset kripto di Indonesia.

Terkait harta kekayaan Hasan Fawzi, hingga artikel ini ditulis belum ada informasi rinci karena tidak tersedia di situs LHPN KPK.

Itulah informasi terkait rekam jejak dan kekayaan Hasan Fawzi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.