Bagikan:

YOGYAKARTA - Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia menjadi yang paling besar di antara negara-negara ASEAN, berdasarkan data dari International Monetary Fund (IMF). Laporan IMF menunjukkan bahwa Indonesia menempati urutan pertama di Asia Tenggara dengan nilai sebesar 1,32 triliun dolar AS pada tahun 2022. Apa Itu PDB dan manfaat perhitungannya?

PDB Indonesia bertengger di posisi puncak mengalahkan Thailand yang berada di posisi kedua dengan nilai 536,16 miliar dollar AS, hanya setengah dari PDB RI. Sementara itu urutan ketiga diduduki oleh Singapura dan posisi keempat disusul oleh Malaysia. 

Besaran PDB yang didapatkan oleh Indonesia pada tahun 2022 merupakan pencapaian yang patut dibanggakan. Lantas apa itu PDB dan seberapa pentingnya bagi negara?

Apa Itu PDB?

Produk domestik bruto (PDB) adalah salah satu indikator untuk mengukur kondisi perekonomian suatu negara, terutama dalam ekonomi secara makro. Dilansir dari Badan Laman Pusat Statistik (BPS), PDB adalah jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara; atau merupakan nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi. 

Jadi dapat diartikan secara sederhana bahwa PDB adalah total nilai produksi dan jasa yang dihasilkan oleh semua orang atau perusahaan yang ada dalam satu negara, termasuk nilai tambah dalam periode waktu tertentu yang umumnya satu tahun. Dari PDB, ekonomi suatu negara bisa terlihat atau tergambarkan dari tingkat produktivitas penduduknya. 

PDB adalah dasar dalam perhitungan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Saat PDB mengalami kenaikan, maka suatu negara sedang mengalami pertumbuhan ekonomi, begitupun dalam kondisi sebaliknya. Namun PDB yang tinggi tidak berarti seluruh penduduknya memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. 

Manfaat Perhitungan PDB bagi Suatu Negara

Berikut ini sejumlah manfaat dari penghitungan PDB suatu negara:

Mengukur laju pertumbuhan ekonomi nasional 

Pembanding kemajuan ekonomi antar-negara 

Pertimbangan kebijakan pemerintah 

Mengetahui struktur ekonomi suatu negara 

Mengetahui indikator kualitas hidup masyarakat suatu negara

Demikianlah ulasan mengenai apa itu PDB dan manfaatnya bagi suatu negara. PDB Indonesia diperkirakan akan terus meningkat pada tahun 2023. Besarnya PDB didorong oleh tingkat konsumsi masyarakat dan pencapaian investasi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.