Total Kasus COVID-19 Tembus 1 Juta, Menkes Siapkan Strategi Melandaikan Kurva Penularan
ILUSTRASI/ Swab hunter di Surabaya (DOK. Pemkot Surabaya)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan sejumlah strategi untuk melandaikan kurva penularan COVID-19 di Tanah Air setelah total kasus COVID-19 menembus angka 1 juta kasus.

Strategi pertama, Budi meminta agar seluruh masyarakat tanpa terkecuali disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

"Untuk mengurangi laju penularan virus, kita harus sangat disiplin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Ini sangat susah dan tidak bisa dilakukan seorang diri," kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 26 Januari.

Kedua, dia menyebut Kementerian Kesehatan akan memperkuat testing dan tracing di tengah masyarakat. Testing, kata dia, harus dilakukan kepada orang yang diduga terpapar sementara tracing dilakukan agar pelacakan penularan kasus bisa dilakukan.

Langkah ketiga, Kemenkes memastikan akan menyiapkan tempat isolasi yang nyaman. Sehingga, masyarakat yang terpapar dapat melakukan isolasi secara nyaman tanpa menimbulkan penularan virus di masyarakat.

"Kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras. Sangat keras untuk memastikan bahwa program testing, tracing, dan isolasi mandiri bisa kita lakukan dan kita eksekusi dengan baik. Tujuannya hanya satu, mengurangi laju penularan atau flattening the curve sehingga kita bisa mengendalikan penyebaran dari pandemi ini," tegas mantan Wakil Menteri BUMN ini.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis tambahan kasus positif COVID-19 terbaru per hari ini. Sebanyak 75.194 spesimen diperiksa hari ini. Hasilnya, ada 13.094 kasus positif COVID-19 baru.

"Total akumulasi kasus positif sejak COVID-19 ditemukan di Indonesia mencapai 1.012.350 orang," demikian dikutip dari data Kemenkes, Selasa, 26 Januari.

Kasus sembuh pada hari ini bertambah 10.868 kasus, sehingga totalnya ada 820.356 orang sembuh. Kemudian, kasus konfirmasi positif yang meninggal bertambah 336 orang dan totalnya 28.468 orang.

Ada pun kasus COVID-19 pertama dideteksi di Tanah Air pada 2 Maret 2020. Saat itu, dua orang terkonfirmasi tertular virus ini dari seorang warga negara Jepang dalam sebuah acara. Selanjutnya, pandemi ini menyebar ke seluruh wilayah Indonesia dengan DKI Jakarta sebagai provinsi penyumbang angka terbesar.