Mengenal Centang Hijau WhatsApp dan Biayanya
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kemajuan teknologi informatika menciptakan perubahan dalam bertransaksi atau berbisnis. Salah satunya kini masyarakat telah terbiasa dengan belanja online, dimana kini perusahaan harus merubah gaya marketing menjadi digital.

Salah satu yang banyak digunakan oleh marketing digital adalah platform berjualan dan media sosial. WhatsApp pun menjadi pilihan medsos yang dipakai untuk berjualan. Tetapi banyak kasus penipuan maka diperlukan verifikasi terpercaya yang dibutuhkan masyarakat.

Indikator sebuah WhatsApp sudah terverifikasi atau terpercaya adalah dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp Bisnis? Adanya centang hijau WhatsApp, menandakan bahwa perusahaan tersebut terkesan profesional dan mudah dipercaya karena sudah verified.

Itulah mengapa banyak perusahaan menginginkan verified WhatsApp supaya bisnisnya terkesan lebih profesional. Meskipun banyak yang menginginkannya, namun tak semua perusahaan bisa memperoleh badge verified tersebut.

Nah sebelum kamu mengetahui cara memdapatkan centang hijau di WhatsApp ketahuilah apa itu centang hijau pada WhatsApp Bisnis serta cara membuatnya, berikut penjelasan yang harus kamu ketahui:

Pengertian Centang Hijau WhatsApp

Centang hijau WhatsApp adalah sebuah tanda atau lencana yang diberikan oleh pihak WhatsApp untuk menunjukkan bahwa akun tersebut sudah terverifikasi. Adanya badge verifikasi WhatsApp centang hijau tersebut membuat akun perusahaan terkesan lebih profesional serta kredibilitasnya pun menjadi lebih tinggi.

Belakangan ini sering terjadi penipuan melalui WA yang mengatasnamakan perusahaan tertentu, di mana hal tersebut membuat masyarakat menjadi was-was. Oleh karena itu adanya badge verified WhatsApp, membuat kredibilitas akun perusahaan kamu menjadi lebih tinggi, sehingga lebih dipercaya oleh customer ketika menerima pesan.

Verified badge berwarna hijau dapat terlihat pada sisi kanan setelah nama perusahaan. Jadi meskipun kontak bisnis kamu tidak disimpan oleh customer atau penerima pesan, nama perusahaan akan tetap ditampilkan.

Ada Berapa Jenis Biaya Dalam WhatsApp Busines API?

Dalam penggunaannya ada biaya WhatsApp Business API, kamu perlu mengeluarkan beberapa biaya. Besaran biaya yang diperlukan tergantung dari vendor yang kamu pilih dan seberapa banyak kamu menggunakan WhatsApp API dalam komunikasi bisnis.

Namun, harga WhatsApp bisnis yang kamu keluarkan akan sebanding dengan fasilitas yang bisa kamu dapatkan. Adapun jenis biaya yang diperlukan, sebagai berikut:

1. Biaya Berlangganan Sistem dari BSP WhatsApp

Pertama, untuk bisa menggunakan WhatsApp API, maka kamu perlu bekerja sama dengan BSP WhatsApp, dalam hal ini direkomendasikan Sleekflow. Oleh sebab itu, diperlukan biaya berlangganan sistem dari BSP WhatsApp yang Anda pilih.

Terkait biaya berlangganan, maka kamu bisa memilih berlangganan per bulan atau per tahun. Biasanya setiap BSP akan menerapkan harga yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa memilih BSP mana yang sesuai dengan budget perusahaan.

Tetapi kamu jangan tertipu dengan harga yang murah. karena belum menjamin kualitas layanan support dan sistemnya. Sehingga penting bagi kamu untuk melihat review pelanggan dan bagaimana layanan support vendor dalam menangani kendala dan memberikan solusi.

2. Biaya Penggunaan per Percakapan

Kedua, biaya lain yang perlu kamu persiapkan, yaitu biaya penggunaan per percakapan yang dilakukan. Terkait biaya ini dihitung berdasarkan kategori pesan dan jumlah yang dikirim dan diterima oleh bisnis kamu.

Ketentuan Biaya Percakapan WhatsApp Business API Terbaru

Jika dulu biaya ditentukan berdasarkan inisiasi atau siapa yang memulai percakapan pertama dalam satu sesi 24 jam, yaitu business initiated sebesar Rp465, dan customer initiated sebesar Rp271.

Maka sejak tanggal 1 April 2023 kemarin, WhatsApp telah menginformasikan berlakunya kategori yang memiliki tujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengklasifikasikan jenis pesan yang dikirim.

Kategori-kategori baru ini yaitu authentication conversation, marketing conversation, dan utility conversation. Sedangkan pesan yang dimulai oleh pelanggan kini dinamakan menjadi service conversation.

Sementara itu, dalam penggunaannya, maka kamu akan dikenakan biaya per bulan dan Meta akan mengirimkan invoice ke email kamu di minggu pertama di setiap bulannya. Ketentuan biaya penggunaan WhatsApp Business API ini ditentukan oleh pihak Meta dan bervariasi tergantung kategori template WhatsApp Business API.

Cara Membuat Centang Hijau di WhatsApp

Jika kamu sudah mempersiapkan persyaratan yang ada diatas maka kamu bisa mengajukan diri untuk mendapatkan centang hijau.

Sudah memenuhi persyaratan untuk membuat akun WA Bisnis verified? Selanjutnya, pelajari tata cara membuat centang hijau di WhatsApp untuk membantu mengembangkan bisnis online.

1. Siapkan nomor khusus WhatsApp Bisnis

Langkah pertama untuk membuat centang hijau WhatsApp maka kamu harus siapkan terlebih dahulu nomor khusus yang belum pernah tersambung ke WA pribadi. Pastikan nomor tersebut selalu aktif karena nantinya tak akan bisa diganti setelah didaftarkan.

Selain nomor HP, siapkan pula nama perusahaan yang ingin didaftarkan sebagai WhatsApp Business API. Pastikan ketika memasukkan data dilakukan dengan benar, sebab nantinya tidak dapat ditinjau ulang.

Selanjutnya kamu harus mengetahui ketentuan centang hijau, berikut rinciannya:

Facebook Business Manager (akun)

Website resmi perusahaan, alamat e-mail, serta informasi bisnis pendukung lainnya. Bukti legalitas usaha: SIUP, NPWP, TDB, dan lainnya.

2. Mendaftar ke Business Solution Provider (BSP)

Selanjutnya, cara membuat centang hijau di WhatsApp, perlu mendaftar terlebih dahulu melalui Business Solution Provider (BSP). Nantinya pihak BSP yang akan mendaftarkan bisnis kamu ke WhatsApp Business Platform supaya dapat memiliki badge verified.

Tidak perlu bingung bagaimana cara mendaftar ke Business Solution Provider (BSP). Kamu bisa menggunakan jasa Sleekflow untuk membantu para pemilik bisnis online untuk memperoleh tanda verifikasi di WhatsApp Bisnis.

3. Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi Facebook Business Manager, bisa langsung masuk melalui akun Facebook pribadi. Akan tetapi, bisa juga meminta verifikasi terlebih dahulu dari Pengelola Bisnis Facebook, begini caranya.

• Masuk ke akun Facebook Business Manager, lalu klik Business Settings.

• Pilih salah satu WhatsApp Account yang ingin diminta verifikasinya.

• Pilih Settings lalu Contact Support.

• Setelah muncul tulisan ‘Ask a question’ pada sisi kanan atas, pilihlah ‘WABiz: Request official business account status’.

• Isi data sesuai yang diminta. Pastikan telah menerapkan sistem autentikasi dua faktor (two-factors authentication) sebelum proses verifikasi dilanjutkan.

• Selesai. Anda dapat mengecek status permintaannya pada bagian bawah opsi ‘Direct Support’ di Business Manager.

4. Tunggu hingga proses selesai

Usai verifikasi Facebook Business Manager, tunggulah hingga prosesnya selesai. Umumnya proses tersebut berlangsung selama satu sampai dua hari kerja. Apabila pengajuan ditolak, kamu baru dapat mengajukannya lagi setelah 30 hari kerja.

Meski demikian setelah kamu mengajukan agar mendapatkan centang hijau WhatsApp dan memenuhi segala persyaratan yang diminta, bukan berarti permohonan kamu dikabulkan. Bisa jadi terjadi penolakan.

Apakah kamu ingin memperbarui WhatsApp secara instan? SleekFlow dapat membantu kamu beralih ke API WhatsApp Business dan menjadikan akun kamu mendapat centang hijau. Prosesnya sederhana dan Sleekflow siap membantu mengembangkan bisnis.