Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dan Utusan Khusus PBB Bahas Strategi Diplomasi Parlemen dalam Mengatasi Krisis Myanmar
Fadli Zon melakukan pertemuan dengan UN Special Rapporteur on Human Rights on Myanmar, Thomas Andrews, di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan Jakarta. (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Dr. Fadli Zon dari Fraksi Gerindra, melakukan pertemuan dengan UN Special Rapporteur on Human Rights on Myanmar, Thomas Andrews, di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan Jakarta. Pertemuan tersebut membahas perkembangan terkini seputar situasi di Myanmar setelah kudeta yang dilakukan oleh Junta Militer pada tahun 2021.

Dalam pertemuan tersebut, Fadli Zon menjelaskan konsistensi DPR RI selama empat tahun berturut-turut dalam melaksanakan diplomasi parlemen melalui BKSAP, terutama terkait isu krisis kemanusiaan Rohingya sejak 2017. Ia juga menyampaikan perubahan strategi diplomasi parlemen DPR RI melalui Organisasi Parlemen Regional ASEAN (AIPA) sebagai respons terhadap kudeta di Myanmar.

Diplomasi Parlemen

Berhasilnya perjuangan diplomasi parlemen DPR RI dalam menggalang dukungan dari parlemen negara-negara ASEAN dituangkan dalam resolusi bersama pada Sidang Umum AIPA yang ke-43 di Phnom Penh, Kamboja, dengan judul "Diplomasi Parlemen untuk Implementasi 5 Poin Konsensus". Fadli Zon juga mengungkapkan rencana BKSAP untuk mendorong Rancangan Resolusi mengenai Myanmar pada Sidang Umum AIPA di Jakarta tahun ini, sebagai respons terhadap perkembangan situasi terkini di Myanmar.

Fadli Zon menekankan pentingnya responsivitas parlemen terhadap tantangan di kawasan ASEAN dan dukungan terhadap organisasi ASEAN agar semakin relevan. Ia juga mengungkapkan kunjungan morilnya sebagai Wakil Ketua DPR RI ke kamp pengungsi Rohingya di Cox Bazaar, Bangladesh, sebagai bentuk dukungan masyarakat Indonesia kepada pengungsi Rohingya.

Thomas Andrews mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh BKSAP melalui diplomasi parlemen di AIPA. Ia mengakui peran strategis parlemen dalam mencari solusi bagi krisis di Myanmar dan menerima usulan BKSAP untuk melobi negara-negara anggota OKI agar memberikan bantuan melalui badan-badan PBB kepada masyarakat yang terkena dampak krisis di Myanmar.

Selain Fadli Zon turut hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Ketua BKSAP dari Fraksi PKS, Sukamta, serta anggota DPR RI dari berbagai fraksi seperti Mercy Barends (Fraksi PDI-P), Puteri Komarudin, Ravindra Hartanto (Fraksi Golkar), dan Jazuli Juwaini (Fraksi PKS).