IHSG Dibuka Melemah, Investor Asing Lepas Saham BCA dan Bank Mandiri di Awal Perdagangan
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada perdagangan hari ini, Selasa 26 Januari. Pada pukul 09.05, IHSG terpantau turun 45,65 poin atau 0,73 persen ke 6.212,92.

Seluruh indeks sektoral melemah dan menyeret pergerakan IHSG. Investor asing mencatat jual bersih atau net sell Rp78,28 miliar di seluruh pasar.

Saham-saham dengan penjualan bersih terbesar asing adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp29,6 miliar, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Rp6,1 miliar dan PT United Tractors Tbk (UNTR) Rp4,6 miliar.

Sementara saham-saham dengan pembelian bersih terbesar asing adalah PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) Rp3,4 miliar, PT Astra International Tbk (ASII) Rp3,1 miliar dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) Rp1,4 miliar. 

Meski demikian, analis memprediksi pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan mengalami technical rebound, setelah kemarin ditutup melemah 0,77 persen.

Analis PT Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan IHSG memiliki rentang support-resistance di level 6.121-6.325.

"Mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG , sehingga indeks berpeluang menuju level resistance," kata Nafan dalam risetnya.

Dengan demikian, jelas Nafan, adanya potensi rebound pada laju IHSG hari ini bisa dimanfaatkan investor dengan mengoleksi saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Ace Hardware Tbk (ACES), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).