Program Jakarta Koperasi Hidroponik Raih Predikat Best CSR 2023
DOK Bank DKI

Bagikan:

JAKARTA - Program corporate social responsibility (CSR) Jakarta Koperasi Hidroponik (Jakonik) oleh BUMD Bank DKI mendapat predikat program CSR terbaik pada kategori social CSR initiative gelaran B-Universe CSR Awards 2023.

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy menyebut, Bank DKI sebagai bank pembangunan daerah (BPD) menjalankan peran sebagai fasilitator pertumbuhan serta penyetaraan ekonomi masyarakat di DKI Jakarta.

“Bank DKI berfokus pada inisiatif CSR yang bertujuan pada pemberdayaan masyarakat lokal yang memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup.” kata Fidri dalam keterangannya, Kamis, 8 Juni.

Fidri menjelaskan, Jakarta Koperasi Hidroponik adalah program CSR unggulan Bank DKI yang dilakukan sejak tahun 2014. Jakonik melibatkan peran aktif masyarakat dalam menghidupkan kebun hidroponik yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

"Jakonik saat ini telah memliki 9 kelompok anggota di 9 wilayah rusun di Jakarta. Para anggota Jakonik telah dibekali pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen dan tata kelola hulu–hilir bisnis hidroponik, dengan cakupan peran sebagai pusat pemasaran hidroponik, pusat pendampingan usaha hidroponik, penyedia layanan edukasi, serta penyedia sarana dan prasarana seperti pupuk, bibit dan peralatan)," urainya.

Sementara itu, Direktur Komersial dan Kelembagaan Bank DKI Herry Djufraini menyampaikan tingginya aktivitas ekonomi tentu menimbulkan dampak terhadap lingkungan dan sosial, sehingga disitulah peran CSR diperlukan.

"Berbagai dampak tersebut perlu direspon perusahaan dengan program inisiatif CSR sebagai upaya bisnis berkelanjutan.” ujar Herry.

Sebagai CSR unggulan Bank DKI, Jakonik diupayakan untuk memberikan manfaat bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta memberdayakan ekonomi lokal.

"Keberhasilan Jakonik terbukti dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan,” tambahnya.