2 Hari Hilang, Korban Tenggelam di Sungai Kalijoho Bantul Ditemukan Tewas
Ilustrasi tenggelam (ANTARA)

Bagikan:

BANTUL - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) Gabungan menemukan korban tenggelam di Sungai Progo di Kalijoho, Kelurahan Argosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu sore, dalam kondisi meninggal dunia.

"Usaha Tim SAR Gabungan dalam pencarian seorang tenggelam di Sungai Progo membuahkan hasil, korban atas nama Devangga Noor Raihan berhasil ditemukan," kata Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta Kamal Riswandi dikutip ANTARA, Selasa 6 Juni.

Dia menjelaskan korban yang warga RT02, Dusun Kalijoho Kidul, Kelurahan Argosari tersebut ditemukan pada Selasa, sekitar pukul 00.10 WIB dengan posisi mengambang di pinggir sungai dengan jarak kurang lebih 30 meter dari lokasi korban tenggelam.

"Kemudian Tim SAR Gabungan dan warga langsung mengevakuasi korban ke pinggir sungai," kata dia.

Dia menjelaskan korban dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan dan langsung dibawa ke rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga guna pemakaman.

"Dengan ditemukannya korban ini, maka operasi SAR langsung ditutup, dan unsur yang terlibat dalam pencarian dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," katanya.

Dalam operasi pencarian pada hari kedua atau Senin (5/6), tim sudah melaksanakan pencarian dengan aquaeye, penyelaman, body rafting hingga menurunkan drone kapal yang dapat mencari obyek di dalam sungai.

Akan tetapi, kata dia, hingga pukul 17.00 WIB saat itu korban belum ditemukan dan pencarian dihentikan sementara, untuk dilanjutkan pada hari ketiga atau Selasa.

"Rencana pencarian hari ketiga ini akan diperluas hingga radius satu kilometer ke arah selatan lokasi kejadian. Namun alhamdulillah malam tadi, pukul 00.10 WIB korban sudah ditemukan," katanya.

Juru Bicara Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto mengatakan kecelakaan sungai tersebut terjadi pada Minggu (4/6), pukul 17.00 WIB, saat korban bersama teman-temannya mandi di Sungai Progo, setelah sebelumnya bermain bola di sekitar.

"Deva (korban, red.) dan dua teman lainnya (Akan dan Ikhsan, red.) terpeleset kemudian teman lainnya berusaha menolong. Namun Deva yang sempat terlihat melambaikan tangan tidak tertolong dan tenggelam di Sungai Progo," katanya.

Terkait