Penghuni Lapak Barang Bekas di Cakung Histeris Rumahnya Terbakar Akibat Bakaran Sampah
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di lapak barang bekas Cakung/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Lapak barang bekas seluas 150 meter dan rumah tinggal di Jalan Rawa Sumur Barat, RT 05/09, kawasan Industri, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur ludes terbakar pada Senin, 5 Juni, sore.

Tak hanya itu, kobaran api juga melumat satu unit mobil pickup yang berada di lokasi. Kepulan asap hitam tebal membumbung tinggi ke udara saat menghanguskan lapak dan rumah tinggal warga.

Sementara para penghuni tak kuasa menahan tangis saat melihat bangunan miliknya habis dilahap api. Sementara petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi langsung berupaya memadamkan api.

"Objek terbakar 1 rumah tinggal dan lapak serta 1 mobil pick up bernopol B 9502 TUB. Kerugian ditaksir mencapai Rp300 juta," kata Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman kepada wartawan, Senin, 5 Juni.

Dalam waktu 30 menit, api berhasil dipadamkan. Petugas juga berhasil mengevakuasi 3 kepala keluarga dengan 11 jiwa.

"Penyebab kebakaran diduga karena adanya bakaran sampah yang ditinggal. Penghuni tidak mengetahui adanya api, saat penghuni keluar api sudah membesar," ujarnya.

Hembusan angin yang kencang membuat api menyambar ke mobil pick up dan bangunan. Dengan cepat, api menghanguskan seluruh bangunan.

"Api berangsur padam pukul 15.30 WIB setelah dilakukan penyiraman oleh 14 unit. Proses pemadaman dilakukan oleh 70 personel. Tidak ada korban jiwa maupun luka, api pun berhasil kami padamkan," katanya.