Kemacetan di Sekitar Patung Kuda Arjuna Dampak Aksi Demo Buruh, 2432 Personel Polisi Lakukan Penjagaan
Arus lalu lintas di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Aparat kepolisian Polres Metro Jakarta Pusat melakukan pengalihan arus di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Monas, Jakarta Pusat, lantaran adanya aksi unjuk rasa dari elemen buruh.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengatakan, pihaknya telah melakukan proses pengalihan di dua arah Jalan Medan Merdeka Barat.

Kendaraan yang mau melintasi Jalan Medan Merdeka Barat diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan.

"Kepada masyarakat umum, hari ini ada beberapa titik aksi di wilayah Jakarta pusat baik di DPR, dan juga termasuk Gambir, Menteng. Oleh karenanya beberapa arus lalin dengan sangat terpaksa kami alihkan, khususnya di wilayah Monas, Medan Merdeka Barat kami alihkan," kata Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Senin, 5 Juni.

Kombes Komarudin mengimbau agar masyarakat menghindari jalur tersebut untuk mencegah penumpukkan kendaraan. Bagi warga yang hendak melintas diimbau melewati jalur lain.

"Para pengunjuk rasa silahkan sampaikan pendapat secara tertib, dan kami dari kepolisian siap memberikan pengawalan dan pelayanan jalannya aksi atau aktivitas masyarakat," katanya.

Selain di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Monas, aksi unjuk rasa juga digelar di kawasan Gedung DPR/MPR RI dari massa tenaga medis. Guna mengawal jalannya kedua aksi ini, ribuan aparat gabungan diterjunkan.

"Seluruhnya hari ini total 2432 personel yang diturunkan, termasuk yang di Monas ya," ujarnya.