Ucapkan Selamat Waisak 2023, Jokowi Gembira Indonesia Sambut Biksu Tudhong Beda Negara
Presiden Jokowi. (dok. BPMI Setpres)aa

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 Buddhist Era (BE) atau 2023 yang dirayakan hari ini, Minggu 4 Juni.

Jokowi lebih duhulu mengaku gembira lantaran rangkaian acara perayaan Waisak yang digelar di Tanah Air hari-hari sebelumnya berjalan lancar.

Para biksu Buddha dari penjuru dunia yang mengikuti Waisak di Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah juga mendapat sambutan tangan terbuka masyarakat di Indonesia.

"Para biksu dari berbagai negara melakukan ritual Tudhong dengan berjalan kaki ribuan kilometer menuju Candi Borobudur dan mendapatkan penerimaan hangat di sepanjang jalan," kata Jokowi dalam akun Twitternya @jokowi, Minggu 4 Juni.

Jokowi lantas mengucapkan selamat Hari Raya Waisak 2567 BE atau 2023 kepada umat Buddha.

Dalam perayaan yang merupakan peringatan lahirnya Siddharta Gautama ini, Jokowi berharap kerukunan umat beragama tetap terjalin dan kegembiraan selalu mengiringi masyarakat di mana pun.

"Kepada seluruh umat Buddha, selamat memperingati Hari Raya Waisak. Semoga semua makhluk hidup berbahagia," ujar Jokowi.

Sebelumnya, para biksu dari penjuru dunia menjalani sejumlah rangkaian keagamaan di Tanah Air sebelum memperingati Waisak di pelataran Candi Borobudur.

Mereka ada yang mengambil air suci di Umbul Jumprit, Desa Tegalrejo, Temanggung, Jawa Tengah.

Para Biksu dari berbagai negara juga menjalani ritual Tudhong atau berjalan ribuan kilometer untuk menuju Candi Borobudur.