Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden Ganjar Pranowo minta partai politik dan relawan pendukungnya menjaring swing voters dan pemilih pemula di Pilpres 2024. Gubernur Jawa Tengah itu meminta semua elemen bergerak berkomunikasi dengan kelompok tersebut.

"Saya ingin ada swing voter, suara yang bergeser-geser, yang itu tentu saja punya potensi untuk kita ajak bicara. Maka tolong bapak ibu bisa berkomunikasi dengan mereka. Dan ada juga suara yang sangat besar yaitu pemilih pemula," kata Ganjar saat meresmikan Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Juni.

Ganjar mengatakan pemilih pemula yang berasal dari kaum generasi Z itu memang harus didekati. Karena suara mereka kadang terlupakan padahal jumlahnya banyak.

"Golongan yang masuk generasi Z, mereka adalah para skaters, mereka adalah para youtuber, mereka adalah kelompok yang suka coding, dan mereka adalah pemotong rambut, mereka yang berbisnis cuci sepatu, mereka yang punya hobi dalam komunitas olahraga seperti lari, seperti sepeda, itu lah generasi Z yang butuh mendapatkan tempat," jelasnya.

Tak sampai di sana, politikus PDIP tersebut juga meminta partai dan relawan bergerak menyentuh masyarakat desa dan perempuan. "Saya titip betul," tegas Ganjar.

"Siapa yang kemudian kita lakukan untuk kita dekati. kita ajak bicara, untuk menyuarakan pikirannya, adalah para perempuan dan perempuan muda yang ada di desa. Karena yang di kota relatif accessible untuk semuanya," sambungnya.

Terakhir, Ganjar juga mengajak partai dan relawan mendengar suara penyandang disabilitas. Sebab, banyak yang berjuang untuk menyampaikan aspirasinya.

Bahkan, dia mengaku sempat terharu ketika ada penyandang disabilitas yang mendatangi rumah dinasnya di Semarang setelah menempuh perjalanan selama tiga hari dari Pangandaran.

"Dia hanya ingin menujukkan hanya dengan satu kendang saja. Kemudian dengan karyanya, dia ingin perform di depan saya, saya terharu. Maka tolong perhatikan ini. Maka rumah ini akan kita jadikan sebagai bentuk permersatu," ungkap Ganjar.

"Mari kita jemput kemenangan dengan elegan dengan penuh adab dan kita tunjukan demokrasi yang ada di Indonesia itu hebat," pungkasnya.