6 ABK Pandu Pelindo Selamat setelah Dievakuasi Nelayan di Perairan Batang
Petugas menunjukkan pakaian penyelamat yang digunakan 6 awal kapal pandu Logindo (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 6 orang anak buah kapal (ABK) Pandu Logindo yang hilang di perairan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. 

Kapal yang mereka tumpangi sebelumnya dilaporkan tenggelam pada Rabu, 20 Januari, dini hari. 

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya mengatakan, 6 orang awak kapal tersebut diselamatkan oleh nelayan yang sedang melaut di sekitar perairan Kabupaten Batang.

"Rakit penyelamat yang ditumpangi keenam awak kapal ini terbawa angin hingga ke perairan Batang," kata Nur Yahya dilansir Antara, Rabu malam. 

Petugas gabungan SAR yang memperoleh laporan penemuan tersebut langsung menuju ke lokasi untuk memastikan kondisi ke-6 awak kapal tersebut. Selanjutnya mereka dievakuasi menuju Pelabuhan Wonokerto, Kabupaten Pemalang.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 6 orang anak buah kapal pandu Logindo hilang di perairan Kabupaten Pemalang. Kapal yang mereka tumpangi tenggelam akibat hilang kendali.

Kejadian bermula saat kapal pandu Logindo melintas di perairan sekitar Pantai Limbangan dengan menarik sebuah kapal tongkang.

Saat melintas di perairan itu, kapal tongkang terhempas ombak hingga menabrak karang. Kapal pandu Logindo berusaha menarik kapal tongkang yang menabrak karang namun tidak berhasil hingga tali penariknya putus.

Kejadian itu mengakibatkan kapal pandu kehilangan kendali dan 6 awak kapalnya berusaha menyelamatkan diri dengan menggunakan rakit penyelamat

BACA JUGA: