Profil Yamitema Laoly, Putra Menkumham Yasonna Laoly yang Diduga Terlibat Bisnis Narkoba di Lapas
Yamitema Laoly (Foto: Instagram)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Yamitema Laoly tengah menjadi sorotan. Putra Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly itu diduga terlibat dalam praktik jual beli narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Dugaan ini muncuat setelah aktor Tio Pakusadewo mengungkap adanya praktek ilegal di dalam penjara, termasuk peredaran Narkoba.

Tio yang merupakan mantan terpidana kasus Narkoba, menyebut ada pabrik narkoba di dalam penjara dan pihak kalapas hingga sipir ikut terlibat di dalamnya.

“Pabriknya ada di dalam,” kata Tio, dikutip dari kanal YouTube Uya Kuya TV.

“Pabrik narkoba?” Tanya Uya Kuya.

Tio lantas mengiyakan pertanyaan Uya. Dia mengatakan, peredaran narkoba di dalam lapas sudah mirip kartel. Bahkan, dia menyebut ada keterlibatan anak seorang menteri dalam praktik tersebut.

"Yang menggagas itu bekas napi trus ngegaet anaknya menteri," ungkap Tio

"Siapa menterinya Om?" Tanya Uya Kuya lagi.

Akan tetapi, Tio enggan mengungkap nama anak menteri yang dia maksud. Tio khawatir dirinya bakal terseret masalah hukum jika kasus ini terungkap.

Potongan video wawancara Uya Kuya dengan Tio Pakusadewo yang sudah diedit, lantas diunggah ulang di akun Twitter @PartaiSocmed. Akun itu mempertegas sosok anak menteri yang disebut aktor 59 tahun itu.

Akun tersebut mencuit, anak menteri yang dimaksud adalah Yamitema Laoly, putra Menkumham Yasonna Laoly.

“Yang dimaksud Tio Pakusadewo pada bagian akhir video ini adalah Jeera Foundation dgn perusahaannya PT Natur Palas Indonesia yang memonopoli bisnis koperasi dan kantin di beberapa Lapas besar, dimana anak Yasonna Laoly jadi Chairman dan Co Founder,” tulis akun @PartaiSocmed.

Terlepas dari benar tidaknya dugaan tersebut, menarik jika kita ulas profil Yamitema Laoly.

Profil Yamitema Laoly

Yamitema Laoly memiliki nama lengkap Yamitema Tirtajaya Laoly. Ia merupakan putera ketiga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dari pernikahannya dengan Elisye Widya Ketaren.

Pria yang akrab disama Tema itu mempunyai tiga saudara kandung, yakni Novrida Lisa Isabella Laoly, Fransisca Putri Askari Laoly, dan Jonathan Romy Laoly.

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa, 2 Mei 2023, Tema tercatat pernah kuliah di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU). Setelah memperoleh gelar Sarjana Hukum Tema melanjutkan pendidikannya ke jenjang Strata 2 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI).

Dalam beberapa kesempatan, Yamitema Tirtajaya Laoly terlihat mendampingi sang ayah dalam kegiatan PDI Perjuangan, partai politik yang menaungi Yasonna Laoly.

Tema pernah menemani sang ayah saat mengikuti Kongres V PDI Perjuangan di Bali. Selain itu, juga terlihat mendampingi ayahnya ketika dilantik menjadi Menteri Hukum dan Ham dalam Kabinet Indonesia Maju.

Yamitema pernah terseret kasus dugaan suap dan jual beli jabatan di lingkungan Pemkot Medan pada 2019 lalu.

Dikasus korupsi yang menyeret Wali Kota Medan non aktif Dzulmi Eldin itu, Yamitema diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia dicecar doal proyek-proyek Dinas PUPR Medan yang diduga dikerjakan oleh perusahaan miliknya, yakni PT Kani Jaya Sentosa.  

Dalam kasus tersebut, Yamitema lolos dari jerat kasus dugaan korupsi dan tidak menjadi salah satu tersangka.

Soal tuduhan Yamitema terlibat dalam bisnis ‘haram’ di lembaga pemasyarakatan, Menkumham Yasonna Laoly menegaskan bahwa informasi tersebut adalah bohong besar.  

"Ah bohong besar itu, enggak ada. Nanti ada keterangan dari kalapasnya," kata Yasonna disadur dari Antara.

Demikian informasi tentang profil Yamitema Laoly, putra Menkumham Yasonna Laoly yang diduga terlibat bisnis narkoba di dalam lapas. Baca terus VOI.ID untuk mendapatkan berita menarik lainnya.