522 Rumah di Tebo Jambi Kebanjiran, Pemkab Pastikan Bantuan Sudah Tersalurkan
Kondisi Pasar Tebo di Muara Tebo Jambi saat tergenang banjir pada 6 Maret 2023. (Antara)

Bagikan:

JAMBI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo, Jambi, memastikan semua warga yang terdampak banjir di dua desa yaitu Desa Lubuk Mandarsah, Kecamatan Tengah Ilir dan Desa Kubangan, Kecamatan Tebo Ilir telah mendapatkan bantuan.

"Dapat kami pastikan bahwa semua masyarakat yang terkena dampak banjir ini semuanya telah dan akan mendapatkan bantuan," kata Pj Bupati Tebo Aspan di Jambi, Kamis 27 April, disitat Antara.

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan ini sementara berbentuk sembako dan pakaian darurat. Bantuan ini telah diterima dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah Tebo dan berbagai stakeholders.

Sejak hari pertama banjir melanda, Aspan telah mengajak semua pihak untuk berkontribusi membantu masyarakat yang terdampak.

Bantuan yang diterima masyarakat sampai sejauh ini berasal dari Pemkab Tebo melalui Dinsos dan KB, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Dinas Perindagnaker, Polres Tebo, PLN dan pihak swasta.

Sebelhmnya, Aspan juga telah mendapi gi anggota DPD RI Dapil Jambi untuk menyalurkan bantuan sembako dan pakaian serta bantuan dari Kodim 0416 Bute.

Aspan mengatakan bantuan akan terus berdatangan setidaknya bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi dalam waktu dekat.

Ia menambahkan bahwa saat ini Pemkab Tebo telah mendapatkan data dan informasi langsung terkait dampak yang ditimbulkan akibat banjir tersebut

Pihaknya juga telah melihat langsung kerusakan yang ditimbulkan akibat banjir di Desa Kunangan. Dari pantauannya banyak fasilitas umum yang tidak seperti pagar masjid yang roboh, jembatan yang putus, fasilitas sekolah yang rusak hingga rumah warga yang ambruk.

Ia memastikan Pemkab Tebo akan menindaklanjuti permasalahan tersebut dan mencari solusi untuk memperbaiki berbagai fasilitas yang rusak.

Berdasarkan data terdapat sekitar 522 rumah warga yang terdampak banjir di dua kecamatan tersebut.