Arus Mudik di Tol Cisumdawu Meningkat di H-3 Lebaran
Situasi lalu lintas di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bagikan:

BANDUNG - Jumlah kendaraan arus mudik yang melintasi Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menuju Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) meningkat pesat pada H-3 Lebaran 2023.

Berdasarkan data pengelola tol, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), pada H-4 atau Selasa (18/4) tercatat sebanyak 2.057 kendaraan melintas di Gerbang Tol (GT) Ujung Jaya Utama. Sedangkan pada Rabu atau H-3 sebanyak 4.366 kendaraan melintas GT Ujung Jaya Utama.

"Situasi arus lalu lintas masih normal," kata Pamendal Tol Cisumdawu AKBP Rano Hadiyanto di GT Ujung Jaya Utama, Kabupaten Sumedang dilansir ANTARA, Rabu, 19 April.

Adapun angka tersebut merupakan kendaraan yang melintas di jalur fungsional Tol Cisumdawu mulai dari kawasan Cimalaka di KM 186 hingga GT Ujung Jaya Utama di KM 216.

Rano mengatakan jalur tol fungsional itu bisa digunakan hanya pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB sehingga sejak pukul 15.00 WIB ruas fungsional itu ditutup dan kendaraan diarahkan keluar di GT Cimalaka.

Di samping itu, katanya, jalur fungsional yang bisa digunakan hanya Jalur A atau jalur yang mengarah ke Tol Cipali, sedangkan Jalur B sejauh ini belum dibuka karena konstruksi yang belum sepenuhnya rampung.

 

Rano mengimbau pemudik yang melintasi Tol Cisumdawu agar berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Jangan sampai pemudik mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi karena situasi lalu lintas yang lancar. 

Sebelumnya, PT CKJT menyatakan ada sekitar 1.200 kendaraan yang melintas di GT Ujung Jaya Utama pada H-6, Minggu (16/4). Kemudian pada Senin (17/4) sekitar 1.600 kendaraan yang melintas di GT Ujung Jaya Utama menuju Tol Cipali.