Mudik Lebaran, Puluhan Nakhoda dan ABK di Kaltara Jalani Tes Urine
Puluhan nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK) speedboat di Pelabuhan Kulteka dan Kayan II Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) menjalani tes urine pada arus mudik Lebaran 2023.

Bagikan:

TANJUNG SELOR-  Puluhan nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK) speedboat di Pelabuhan Kulteka dan Kayan II Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) menjalani tes urine pada arus mudik Lebaran 2023.

Kapolresta Bulungan Kombes Agus Nugraha mengatakan, tes urine untuk memastikan agar ABK serta nakhoda angkutan laut dan sungai itu dipastikan tidak mengonsumsi narkoba.

"Tes urine ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan pada angkutan umum, baik itu angkutan laut atau sungai maupun angkutan darat, jangan sampai terjadi human error. Di Pemeriksaan ini kita utamakan motoris (nakhoda, Red) dulu karena mereka yang mengemudi," katanya, Rabu 19 April.

Tes urine itu dilakukan terhadap 50 nakhoda dan ABK speedboat di dua titik pelabuhan tersebut, dengan rincian 20 orang di Pelabuhan Kulteka dan 30 orang di Pelabuhan Kayan II.

"Hasil pemeriksaannya semua dinyatakan negatif narkoba. Tes urine tetap kita lakukan selama arus mudik, Hanya saja untuk waktunya akan disesuaikan nanti. Para supir travel juga akan kita tes urine," tegasnya.

Sementara itu dari pantauan di lapangan, terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan di Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor. Penumpang yang akan berangkat dari Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor lebih banyak, dibandingkan dengan yang baru tiba.

"Sebanyak 24 unit armada speedboat reguler disiapkan melayani penumpang, dalam sehari bisa seribuan penumpang dari pelabuhan kayan II," jelas salah seorang petugas Dishub Bulungan.