Pemkab Bandung Barat Pasang Rambu Portabel dan CCTV di Jalur Mudik
Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat dan Kepolisian memasang rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) portabel di jalanan kawasan Bandung Barat, Sabtu (15/4/2023). (ANTARA/Istimewa)

Bagikan:

BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melaksanakan pemasangan rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) portabel dan pemasangan ratusan CCTV untuk musim mudik 2023 ini.

Kadishub Bandung Barat Fauzan Azima mengatakan pemasangan RPPJ Portable dilakukan pada titik pertemuan arus di jalur mudik dan balik.

"Kami pasang di titik-titik strategis seperti simpang Tagog Padalarang, Simpang Cihaliwung, Simpang Underpass, Simpang Panaris dan Simpang Cimareme, harapannya bisa memudahkan pemudik mencari arah," kata Fauzan dikutip ANTARA, Sabtu, 15 April.

Untuk kamera pengawas CCTV, Fauzan mengatakan Dinas Perhubungan Bandung Barat memasang 129 CCTV di 50 titik persimpangan yang akan dilalui oleh para pemudik seperti di Jalan Cipatat, Padalarang dan Jalan Cimareme.

Ratusan kamera CCTV yang telah dipasang ini, pengoperasiannya akan terpusat di ruangan Automatic Traffic Control System (ATCS) yang berada di kantor Dishub Bandung Barat.

"Adanya ratusan kamera CCTV ini akan menindaklanjuti dengan cepat jika terjadi kemacetan ataupun kecelakaan. Selain itu juga CCTV yang dilengkapi pengeras suara ini akan mengimbau kepada para pemudik untuk tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas," ucap dia.

Kawasan Bandung Barat sendiri merupakan jalur perlintasan pemudik sepeda motor atau pun mobil yang akan pulang kampung dari arah Jabodetabek menuju Bandung, Tasik, Garut dan Jawa Tengah.

Diprediksi kendaraan yang akan melintasi Bandung Barat akan meningkat 30 persen seiring dengan longgarnya aturan PPKM COVID-19.