JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado terus berupaya menyalurkan kembali listrik di Kota Manado. Termasuk mengantisipasi bahaya kelistrikan yang mungkin terjadi dalam cuaca ekstrim.
PLN juga telah melakukan pemulihan pasokan aliran listrik di beberapa titik lokasi di Kota Manado dan sekitarnya. Setelah sebelumnya, terjadi hujan lebat yang melanda Manado pada Sabtu, mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor dan pohon roboh sehingga berdampak para aliran kelistrikan.
Hingga pukul 21.00 WITA, PLN telah berhasil menyalakan 208 gardu dari jumlah 420 gardu yang terdampak, dan masih sekitar 212 gardu yang belum menyala. Sedangkan untuk jumlah pelanggan yang terdampak yaitu sekitar 46.620 pelanggan, PLN telah berhasil menyalakan sekitar 23.088 pelanggan, dan sekitar 23.532 pelanggan yang belum menyala.
BACA JUGA:
Adapun daerah-daerah yang masih dalam tahapan recovery yaitu mencangkup daerah Tikala, Banjer, Komo, Pall 4, Wusa, Kpg Baru, Teep, Kayawu, Wailan, Watudambo, Kaima, Baypass, Minawerot, Paslaten, Kauditan, Kuala Batu, Ranowangko, Mangatasik, dan Popo.
Manager PLN UP3 Manado Andre Lengkong mengatakan, PLN bergerak cepat dalam mengamankan lokasi-lokasi yang terdampak, untuk meminimalisir bahaya tersengat listrik terhadap masyarakat.
"Kepada masyarakat diimbau ketika cuaca ekstrem seperti ini untuk segera melaporkan potensi bahaya kelistrikan kepada PLN untuk kenyamanan dan keselamatan bersama," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Sabtu malam, 17 Januari.
Selain itu, kata Andre, PLN juga telah menyiapkan Posko Siaga 24 jam untuk layanan pengaduan dan melakukan pengawasan didaerah yang berpotensi banjir dan longsor.
Berikut langkah yang dapat dilakukan masyarakat untuk cegah korsleting listrik:
- Pertama, matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) (apabila ada genangan air).
- Kedua, cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak.
- Ketiga, naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman
- Kelima, masyarakat segera melaporkan ke PLN untuk penghentian Pasokan Tenaga Listrik apabila sudah terdapat Potensi Terkait Banjir yang datang.
Kata Andre, PLN akan mengupayakan penormalan terlaksana dengan cepat dan berusaha mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi kembali. PLN juga akan terus menjaga pasokan listrik tetap andal dan beroperasi secara optimal.
"Masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui Contact center PLN 123 yang dapat diakses lewat telepon (kode area) 123, media sosial PLN 123, dan aplikasi smartphone PLN Mobile demi kemudahan layanan kapan saja di mana saja," jelasnya.