Saldo E-Toll Kurang saat di Gerbang Tol, Ini yang Harus Dilakukan Pengemudi
Ilustrasi pembayaran e-toll (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini pembayaran masuk tol semakin mudah berkat adanya sistem e-toll atau kartu elektronik. Proses pembayaran cukup dilakukan dengan menempelkan atau tap kartu e-toll di gerbang tol, nantinya saldo di kartu akan otomatis berkurang sesuai tarif yang dikenakan. Tapi bagaimana apabila saldo e-toll kurang saat di gerbang tol?

Bagi setiap pengendara yang ingin melintasi jalan tol, penting untuk mengisi saldo tol terlebih dahulu. Namun tak jarang ada pengendara yang lupa hingga saldo e-toll kurang saat di gerbang tol. Hal ini pastinya tidak diinginkan karena bisa menghambat perjalanan, bahkan mengganggu pengendara tol yang lain. 

Namun pengendara jangan langsung panik saat saldo e-toll kurang saat di gerbang tol. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat saldo e-toll kurang. 

Yang Harus Dilakukan saat Saldo e-Toll Kurang

Saat saldo e-toll Anda kurang atau habis, Anda tidak perlu cemas atau panik. Berikut ini langkah atau tips yang bisa Anda lakukan saat mengalami situasi tersebut bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik maupun luar kota. 

Tekan Tombol Bantuan

Salah satu solusi untuk mengatasi saldo e-toll kurang atau habis adalah dengan menekan tombol bantuan. Tombol ini terletak di gardu tempat pembayaran tol, dengan posisi dekat tombol ‘Cetak Struk’. 

Saat tahu saldo e-toll Anda habis atau kurang, segera tekan tombol bantuan tersebut. Tombol ini berfungsi untuk memanggil petugas tol. Nantinya petugas akan datang untuk membantu masalah yang Anda hadapi. 

Meminta Bantuan kepada Petugas Tol

Selain menekan tombol bantuan, Anda juga bisa langsung meminta bantuan kepada petugas tol. Anda bisa menghampiri petugas yang ada di sekitar gerbang tol. Sampaikan kepadanya bahwa saldo e-toll Anda kurang atau tidak mencukupi. 

Selanjutnya petugas akan membantu menyelesaikan masalah Anda. Ikuti arahan yang diberikan oleh petugas. Mungkin kartu e-toll Anda akan diisi ulang secara langsung atau Anda diminta membayar tol secara tunai. Selain itu, Anda juga akan diingatkan untuk mengisi saldo e-toll di rest area terdekat atau minimarket supaya perjalanan Anda lancar. 

Top Up dengan Aplikasi Mobile Banking

Ketika mengalami saldo e-toll habis saat digerbang toll, Anda hanya perlu tenang dan melakukan pengisian saldo. Top up atau isi saldo bisa Anda lakukan menggunakan mobile banking yang terinstal di ponsel Anda. 

Mobile banking yang digunakan untuk top up e-toll disesuaikan dengan bank provider pada e-toll Anda. Pilih nominal top up yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda di jalan tol. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menekan tombol bantuan atau meminta bantuan dari petugas tol. 

Mengisi di Rest Area Terdekat

Apabila saat melintasi jalan tol Anda mendapati saldo e-toll habis atau berkurang, Anda bisa mengisi saldo e-toll di rest area terdekat. Anda bisa menggunakan google maps untuk melihat letak rest area terdekat yang akan dilewati. 

Anda bisa mampir di rest area untuk mengisi saldo e-toll sambil istirahat sebentar. Selain di rest area, Anda juga bisa mencari minimarket terdekat untuk mengisi saldo e-toll. Misalnya Anda bisa keluar dari jalan tol terlebih dahulu ke jalan umum untuk mencari minimarket. Sesudah mengisi saldo e-toll di minimarket, nantinya Anda bisa masuk ke jalur tol kembali.

Itulah beberapa cara yang perlu dilakukan apabila saldo e-toll kurang saat di gerbang tol. Perlu diketahui bahwa pada gerbang tol sistem transaksi tertutup, pengendara jangan mengganti kartu yang berbeda saat masuk dan keluar tol. Hal ini akan dianggap menerobos dan dikenakan denda. Jadi pastikan untuk selalu mengecek dan mengisi saldo e-toll Anda sebelum melakukan perjalanan. . 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.