Golkar Ungkap KIB-KIR Pembentuk Koalisi Besar Bakal Bertemu Lagi Bahas Kepemimpinan
Ketum 5 parpol anggota KIB dan KIR bersama Presiden Jokowi dalam acara silaturahmi di DPP PAN Jakarta pada Minggu 2 April. (dok PAN)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis wacana koalisi besar gabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) akan memasuki tahap berikutnya.

Airlangga mengatakan pertemuan wacana koalisi besar yang akan dihadiri partai anggota KIB dan KIR selanjutnya akan membahas soal kepemimpinan.

"Koalisi besar kan kemarin kami sudah bertemu secara silaturahmi, fondasinya sudah kami bahas. Terkait dengan kepemimpinannya, di chapter berikut," kata Airlangga di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 4 April,disitat Antara.

Airlangga menambahkan, koalisi besar tersebut membuka kesempatan bagi partai politik yang ingin bergabung.

"Tapi, kami juga membuka terhadap partai-partai yang ingin bergabung di dalam koalisi besar ini," imbuhnya.

Sebelumnya, lima partai anggota KIB dan KIR hadir dalam acara Silaturahmi Ramadhan bersama Presiden Jokowi di Kantor DPP PAN Jakarta pada Minggu 2 April.

Adapun elite partai yang hadir Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto; Plt. Ketua Umum PPP sekaligus Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Mardiono; Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto; dan tuan rumah Ketua Umum PAN sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Dalam acara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar turut hadir.

Menurut Airlangga, pembicaraan dengan para pemimpin parpol dalam acara Silaturahmi Ramadan itu cukup cair.

"Tentu antar-pimpinan lima partai ini kami cukup cair dan kami akan terus berkomunikasi intens agar koalisi ini bisa terus menemukan bentuknya," ungkap Airlangga.