Profil Uus Kuswanto, Asisten Setda DKI yang Diangkat Heru Jadi Walkot Jakbar
Uus Kuswanto, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda DKI Jakarta yang diusulkan sebagai Calon Wali Kota Jakbar (Foto: Diah-VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengusulkan Uus Kuswanto yang saat ini menjabat sebagai Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda DKI Jakarta, sebagai Calon Wali Kota Jakarta Barat.

Terkait hal ini, Uus telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) digedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat (Jakpus) pada Senin, 20 Maret 2023 siang.

Hasil fit and proper test menyatakan, DPRD DKI menyutujui Uus Kuswanto sebagai Wali Kota Jakbar definitif. Sebelumnya, jabatan tersebut diduduki oleh Yani Wahyu Purwoko.

Lantas, siapakah sosok Uus Kuswanto? Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa, 21 Maret 2023, berikut profil Uus Kuswanto beserta rekam jejaknya.

Profil Uus Kuswanto

Uus Kuswanto merupakan birokrat tulen jebolan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) tahun 1995.

Uus bukanlah nama baru di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Ia tercatat pernah menduduki sejumlah posisi penting.

Di akhir masa pemerintahan Anies Baswedan, tepatnya pada 4 September 2020, Uus dilantik menjadi Wali Kota Jakbar definitif.

Akan tetapi, baru setahun menjabat, Uus dimutasi Anies menjadi Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda DKI Jakarta.

Sebelum diangkat sebagai Walkot Jakbar, Pria Kelahiran Ciamis, 21 Januari 1973 itu pernah menduduki jabatan Wakil Wali Kota Jakarta Timur periode 2019-2020, dan Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman.

Setelah masa jabatan Anies berakhir dan digantikan oleh Heru Budi Hartono, Uus diangkat sebagai Penjabat Sekretaris DKI Jakarta. Jabatan tersebut diemban Uus sejak 3 Desember 2022 hingga sekda definitif Joko Agus Setyono dilantik pada 15 Februari 2023.

Secara lebih rinci, berikut perjalanan karier Uus sebagai birokrat di lingkungan Pemprov DKI:

Uus Kuswanto
Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi (kedua dari kanan) dan Cawalkot Jakbar Uus Kuswanto (kedua dari kiri) pengganti Yani Wahyu Purwoko. (dok. Humas DPRD DKI)
  • Lurah Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, Tahun 2005-2007
  • Lurah Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Tahun 2007-2010
  • Sekretaris Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Tahun 2010-2012
  • Wakil Camat Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Tahun 2012-2013
  • Wakil Camat Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Tahun 2013-2014
  • Kabag Dikmental Kota Administrasi Jakarta Barat, Tahun 2014-2015
  • Kabag Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Barat, Tahun 2015
  • Camat Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Tahun 2015-2016
  • Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Administrasi Jakarta Barat, Tahun 2016-2017
  • Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Tahun 2017-2019
  • Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Tahun 2019-2020
  • Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, Tahun 2020-2021
  • Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi DKI (2021-sekarang)
  • Pj Sekretaris Daerah Provinsi DKI (2022-sekarang)

Ketika menjalani fit and proper test di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin kemarin, Uus diminta untuk membenahi masalah yang kerap terjadi di Jakarta Barat, mulai dari inventarisasi aset, banjir, hingga penanganan stunting.

"Pada prinsipnya, apa yang jadi arahan dari Pak Gubernur untuk membenahi masalah banjir, terus kemacetan, termasuk stunting, tadi juga disampaikan oleh pimpinan dewan dan juga anggota ada yang mewakili Jakarta Barat untuk men-support apa yang di program Pak Gubernur bisa sukses dilaksanakan," ucap Uus.

Demikian informasi tentang profil Uus Kuswanto, asisten Setda DKI yang diangkat Heru jadi Walkot Jakbar. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.