Polisi Kawal Ketat Suporter Persis Solo yang Bertandang ke Markas Arema Malang
Kapolresta Surakarta Kombes Iwan Saktiadi (kanan) bersama Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman (kiri) usai acara Apel Bersama Sinergitas TNI-Polri,/ANTARA

Bagikan:

SOLO - Polresta Solo telah menyiapkan personel melakukan pengawalan ribuan suporter Persis yang akan berangkat mendukung timnya melawan Arema Malang. Pertandingan digelar di Stadion Maguwoharjo Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, pada Rabu, 15 Maret sekitar pukul 15.00 WIB.

"Polisi akan melakukan pengawalan ketat para suporter Persis Solo saat menuju Stadion Maguwoharjo Sleman, " kata Kapolresta Kombes Iwan Saktiadi usai acara Apel Bersama Sinergitas TNI-Polri, di Solo, Antara, Selasa, 14 Maret. 

Iwan menyebutkan, pengawalan guna mencegah adanya kejadian yang tidak diinginkan seperti pengalaman sebelumnya.

"Saya sudah bertemu dengan elemen-elemen suporter Persis, baik di markas maupun dengan para koordinator dan ketuanya yang akan memimpin menuju Stadion Maguwoharjo," katanya.

Dia menyampaikan kepada para suporter Persis soal keamanan menjadi tanggung jawab bersama, bukan berarti aparat keamanan melempar tanggung jawab. 

Untuk pengawalan suporter akan dilakukan secara estafet lintas Satuan wilayah. Baik keberangkatan maupun kepulangan kelompok suporter. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan jalur yang dilewati mulai dari Polres Sukoharjo dan Klaten. Bahkan, Polres Sleman juga meyakinkan bahwa di perbatasan Prambanan nanti akan disambut oleh suporter dari Yogyakarta.

Menurutnya, langkah-langkah seperti tersebut bisa dijadikan embrio kerukunan antar suporter di dunia sepak bola Indonesia. Dimana, tim tamu disambut tuan rumah dengan ramah.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Pasoepati Isnaini Muhammad Fatah Romadlon menjelaskan, hasil koordinasi sementara, empat elemen pendukung Persis Solo akan berangkat bersama dan berangkat dari Plaza Manahan Solo, Rabu pukul 11.00 WIB.

Suporter Pasoepati ke Stadion Maguwoharjo Sleman dengan kendaraan roda dua dan empat dengan jumlah kuota sebanyak 5.000 penonton. Suporter keberangkatan ke Stadion Maguwoharjo sudah memegang tiket masuk.