Aksi Heroik 3 WNI di Jepang Selamatkan Bocah 5 Tahun Tenggelam, Langsung Diganjar Penghargaan
Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Bagikan:

JAKARTA - Aksi heroik tiga Warga Negara Indonesia di Jepang patut diacungkan jempol. Lihat seorang anak yang tenggelam di Jepang, ketiga orang masing-masing Adi Reinaldi (27), Nazzil Zanari (29) dan Rohmadi (32) sigap menolong korban. 

Penyelamatan itu terjadi pada 11 Februari lalu, saat ketiganya sedang berkendara di Kuninobu, Kota Oyama, Jepang dan melihat seorang anak laki-laki berusia lima tahun tenggelam di waduk.

Mereka mula-mula berdiri berjejer dari bawah kolam hingga ke daratan. Kemudian, bekerja sama untuk menyelamatkan anak tersebut. Atas tindakan heroik itu, kepolisian Jepang pada 1 Maret lalu memberikan surat penghargaan 

Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami ikut buka suara atas penyelamatan gemilang ini. “Ini satu hal yang perlu dicontoh,” kata John di Tokyo, dikutip dari Antara, Kamis, 9 Maret. 

Menurut John, aksi tersebut menjadi contoh bahwa orang Indonesia dapat bergaul dengan baik dan menjadi bagian dari masyarakat di Jepang. “Dari situ, orang Jepang bisa menilai kita warga negara yang baik, taat hukum di sini. Kita tentunya sangat apresiasi hal ini dilakukan mereka,” katanya.

John mengatakan pihaknya akan memberikan apresiasi kepada ketiga WNI tersebut, yang dianggapnya telah berkontribusi menjadi warga negara yang baik di Negeri Sakura itu.

“Ke depan mungkin kita bisa melihat bentuk-bentuk apresiasi yang bisa kita berikan bagi mereka, paling tidak ada pengakuan... bahwa ini satu hal yang perlu dicontoh,” katanya.

Dia menilai aksi tersebut juga menunjukkan budaya Indonesia yang masih sangat kental dipelihara, yakni welas asih. “Membantu orang ini ‘kan universal ya tidak melihat dari mana siapa, latar belakang siapa, nilai-nilai itu yang kita sampaikan bahwa orang Indonesia juga masih sangat kental dengan budaya itu,” katanya.