Bagikan:

MEDAN - Seorang ASN di Dinas Kehutanan berinisial ZP alias Zul terpaksa berurusan dengan pihak berwajib. Warga Asahan, Sumut, itu ditangkap lantaran mencuri 5 tabung gas dari warung milik RM (25).

Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj mengatakan, pelaku ditangkap usai menerima laporan terkait adanya pencurian di Ir Sutami, Kelurahan Sei Renggas, Jumat 17 Februari.

Dari hasil penyelidikan, perbuatan pelaku terdeteksi karena terekam kamera CCTV di warung korban.

"Jadi saat di TKP, petugas memeriksa sejumlah CCTV yang berada di warung korban, akhirnya pelaku kami dapat ketahui identitasnya," ungkap AKBP Roman, Kamis 23 Februari.

Mendapat petunjuk dari CCTV, petuga langsung bergerak memburu pelaku. Pelaku diringkus petugas di depan toko Alfamart yang berada di Jlan Diponegoro.

"Pelaku berhasil kami tanpa perlawanan," ujarnya.

Saat diinterogasi, pelaku ZP mengakui perbuatannya yang telah mencuri 5 tabung gas dari warung korban RM. Kepada petugas, ZP mengaku nekat mencuri karena kebutuhan ekonomi.

"Jadi pelaku ini memang seorang PNS dia mengaku mencuri katanya terdesak kebutuhan ekonomi dan tabung gas yang dicuri itu dibawa kabur oleh pelaku," jelasnya.

Kepada polisi, ZP juga menceritakan awal mula dirinya bisa masuk ke dalam warung korban. Awalnya, ZP masuk dengan cara memanjat tembok belakang rumah.

"Lalu mengambil seluruh tabung gas yang berada di dalam warung. Selanjutnya, mengambil 5 tabung gas ukuran 3 kilogram," ucapnya.

Setelah mengambil tabung gas, barang hasil curian itu dibawa pelaku untuk langsung dijual.

"Atas perbuatannya, kini ZP alias Zul telah diamankan di Satreskrim Polres Asahan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut," katanya.